KONSULTAN TOKO BANGUNAN
TERUJI, +62 813-9864-6177, Strategi Memaksimalkan Social Media Untuk Bisnis
Konsultan Bahan Bangunan, Bisnis Jakarta 2019, Konsultan Bisnis Jakarta, Bisnis di Jakarta, Konsultan Manajemen Jakarta, Manajemen Bisnis Jakarta, Konsultan Manajemen di Jakarta.
Strategi Meningkatkan Social Media Untuk
Bisnis - Media social telah masuk ke dalam kehidupan
hampir seluruh orang di dunia ini. Tak jarang, media sosial dimanfaatkan untuk
beragam bidang selain hiburan, seperti edukasi hingga promosi bisnis.
Jika Anda memiliki
bisnis yang sedang berkembang, mengapa tidak turut memanfaatkan media sosial
untuk bisnis Anda? Selain dapat memperkuat brand awareness produk
Anda, media social juga dapat meningkatkan penjualan toko Anda.
Dilansir dari Financial
Post, berikut beberapa strategi yang dapat Anda maksimalkan untuk membantu
perkembangan bisnis Anda:
1. Tentukan tujuan Anda
Setiap bisnis tentu
memiliki tujuan spesifik sejak ia dibuat. Bisnis bisa saja bertujuan mencari
profit sepenuhnya, namun bisa juga bertujuan menyejahterakan suatu kelompok
atau bahkan memiliki sifat nirlaba (tidak mencari keuntungan).
Jika Anda memiliki
bisnis, pastikan Anda sudah memahami tujuan bisnis Anda. Hal ini penting karena
Anda harus menjaga media sosial Anda hadir membawa informasi yang berkelas dan
dibutuhkan khalayak.
Mulailah dengan
menentukan tujuan kampanye sosial dan tampilkan secara intens, kampanye sosial
ini bisa mencakup meningkatkan brand awareness,
meningkatkan traffic situs web, atau menggaet
penjualan baru.
2. Tentukan Target Audiens
Anda tidak harus
membuat banyak akun media sosial untuk bisnis Anda. Cukup satu akun saja, namun
terfokus dan Anda paham betul target yang Anda tuju.
Sebagai contoh,
jika Anda memiliki bisnis dalam bidang konsultasi hukum, Anda tidak perlu
membuat akun Snapchat, karena pengguna Snapchat rata-rata adalah remaja yang
mencari dan membagi hiburan. Namun, Anda dapat memaksimalkan akun LinkedIn
untuk mencari jejaring yang lebih luas dan profesional yang butuh jasa
konsultasi hukum Anda.
3. Bangun Reputasi Bisnis Anda
Setelah membuat
akun media sosial yang dibutuhkan, Anda harus membangun reputasi brand Anda.
Jangan terfokus pada promosi dan penjualan saja, karena kadang hal tersebut
mengganggu aktivitas orang lain saat bermedia sosial.
Anda bisa menulis
atau memposting sesuatu yang berkaitan dengan kepedulian Anda terhadap isu dan
masalah yang dihadapi oleh pelanggan. Anda juga dituntut untuk responsif dan
berintegritas dalam menangani keluhan pelanggan. Hal ini akan membuat pelanggan
merasa dihargai oleh usaha Anda.
4. Agendakan Konten untuk Linimasa Media
Sosial Anda
Buatlah kalender
untuk mengagendakan kapan konten harus muncul di media sosial. Anda bisa
membuat konten yang berhubungan dengan ulang tahun tokoh terkenal (terutama
yang berhubungan dengan industri bisnis Anda), konten hiburan hingga konten
promosi Anda.
Rencanakan jadwal
konten tersebut dengan memanfaatkan perangkat lunak di ponsel Anda,
seperti Hootsuite, Sprout atau Social Mention. Seluruh akun media sosial akan
tertata dengan rapi lengkap dengan informasi statistiknya.
5. Jangan Takut Untuk Re-posting
Tidak semua media
sosial harus berisi konten original. Anda bisa saja mere-posting konten milik
akun lain yang berhubungan dengan bisnis Anda. Selain menghemat waktu, Anda
juga bisa menjalin kerjasama yang baik dengan akun lain.
Hal ini tentu akan
berdampak baik bagi usaha Anda. Asalkan postingan itu berkaitan dengan bisnis
Anda dan memiliki konten grafis yang bisa mempercantik linimasa media sosial
Anda, Anda tidak perlu ragu. Anda bisa menggunakan rasio 1:4 untuk mencampur
konten original Anda dengan konten re-posting.
6. Pertahankan Konten Visual
Semua pengguna
media sosial menyukai hal visual, karena itulah yang membuat media sosial
menarik. Anda bisa memanfaatkan rasa tertarik audiens dengan menyelipkan konten
promosi bisnis Anda dalam bentuk visual.
Konten visual
haruslah menghibur, mengedukasi dan menginspirasi. Selain dalam bentuk gambar,
Anda juga bisa memposting video, contohnya video how-to atau
sekadar tips yang berhubungan dengan bidang bisnis Anda.
7. Pantau Statistik Media Sosial Anda
Kadang, pebisnis
hanya memposting konten yang mereka telah rancang dan meninggalkannya begitu
saja. Anda tetap harus memantau statistik media sosial Anda. Tujuannya untuk
mengetahui apakah konten yang dimunculkan mendapat respon positif atau negatif,
apakah konten sudah cocok dengan target audiens dan sebagainya.
Anda bisa
memanfaatkan analystic tools media sosial untuk membantu
Anda memantau dan mengawasi pergerakan media sosial bisnis Anda.
Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko
Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat
/ Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ;
Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe,
FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar