KONSULTAN BISNIS DAN MANAJEMEN
MAHIR, +62 813-9864-6177, Begini Cara Tepat Hadapi Ulasan Negatif Pelanggan
Bisnis Jakarta 2019, Konsultan Bisnis Jakarta, Bisnis di Jakarta, Konsultan Manajemen Jakarta, Manajemen Bisnis Jakarta, Konsultan Manajemen di Jakarta.
Begini
Cara Tepat Hadapi Ulasan Negatif Pelanggan - Ulasan
pelanggan baik positif maupun negatif sangat penting untuk membangun
kepercayaan pada produk Anda.
Memang hal yang buruk ketika Anda menerima ulasan
negatif dari pelanggan, tetapi mereka belum tentu akan merusak bisnis Anda. Itu
semua tergantung pada bagaimana Anda menangani ulasan yang Anda terima.
Menjawab ulasan negatif membangun kepercayaan
konsumen pada bisnis dan merek Anda. Ketika Anda menjawab ulasan negatif dan
pelanggan kecewa, Anda juga berbicara kepada ratusan konsumen lain yang ingin
tahu bagaimana Anda melakukan bisnis Anda.
Konsumen memahami bahwa kesalahan terjadi, jadi
ketika mereka melihat bisnis mencoba melakukan hal yang benar, itu akan
membangun kepercayaan.
Inilah yang perlu Anda ketahui tentang penanganan
yang tepat dalam menanggapi ulasan negatif, seperti dikutip dari Laruno.id:
1.
Jawab cepat dengan respon pribadi
Di zaman komunikasi yang semakin modern, pelanggan
mengharapkan semuanya serba cepat dalam banyak aspek kehidupan mereka, termasuk
interaksi mereka dengan merek.
Menanggapi ulasan negatif sesegera mungkin setelah
diposting, akan menunjukkan bahwa Anda perduli dengan pelanggan. Sangat penting
untuk memberikan tanggapan masing-masing pelanggan yang mengeluh dengan produk
Anda.
Butuh waktu untuk membaca dalam menanggapi setiap
komentar negatif, tetapi melakukan hal ini akan meningkatkan tingkat retensi
pelanggan Anda dalam jangka panjang.
Setelah perusahaan menanggapi ulasan negatif,
sekitar sepertiga pelanggan menghapus atau mengganti ulasan negatif mereka, dan
seperlima dari pengulas negatif melakukan pembelian ulang dari perusahaan itu
dan kemudian menjadi pelanggan setia.
2.
Minta maaf dan berempati
Pelanggan mungkin tidak selalu benar, tetapi jika
Anda mengatakan bahwa mereka salah, Anda pasti akan kehilangan bisnis. Ketika
menanggapi ulasan yang negatif, sebuah merek perlu mengekspresikan pemahaman
dan empati tanpa menyalahkan pelanggan, dan meminta maaf.
Biarkan pelanggan tahu bahwa Anda berempati dengan
situasi. Bersiaplah untuk kesalahan itu, bahkan jika itu bukan kesalahanmu.
Dengan membuat kesalahan, kamu jauh lebih mungkin untuk mendapatkan pelanggan
lagi.
Langkah selanjutnya dalam menyelesaikan keluhan
dapat dilakukan secara lebih pribadi melalui telepon atau e-mail. Pelanggan
ingin merasa didengar dan dipahami, jadi penting untuk mengetahui apa yang
diinginkan pelanggan Anda.
3.
Meminta kesempatan kedua
Bertanya kepada pelanggan bagaimana Anda dapat
meningkatkan pengalaman mereka dalam membeli untuk lebih baik lagi adalah kunci
untuk mempertahankan bisnis Anda.
Sebuah merek/brand harus mendengarkan dan belajar
dari ulasan negatif. Keluhan pelanggan mengandung informasi berharga yang dapat
membantu meningkatkan layanan pelanggan secara keseluruhan dan kepercayaan yang
diberikan konsumen pada bisnis Anda.
Menawarkan kupon, voucher, atau produk pengganti
setelah pelanggan kecewa juga dapat membantu Anda mendapatkan kesempatan kedua.
Meskipun produk atau layanan gratis tidak seharusnya menjadi respon default
Anda, ini bisa menjadi taktik yang bagus jika ada masalah dalam menyelesaikan
masalah pelanggan. Jika Anda memilih cara ini, pastikan untuk mendorong
pelanggan untuk memperbarui ulasan mereka jika pembelian kedua menghasilkan
hasil yang lebih baik.
Jika sebuah perusahaan menerima keluhan dari
pelanggan karena produk yang salah, biasanya solusi yang paling tepat adalah
mengganti produk secara gratis. Tetapi jika seorang pelanggan memiliki
pengalaman buruk dengan layanan atau karyawan tertentu, penting untuk memahami
alasan ketidakpuasan untuk menentukan resolusi terbaik.
4.
Mendorong lebih banyak ulasan
Tidak mudah untuk menerima kritik, terutama dari
orang-orang yang paling penting bagi bisnis Anda. Tetapi menggunakan ulasan
negatif untuk meningkatkan layanan pelanggan Anda akan memberikan kekuatan
merek Anda tetap dan memberikan bukti yang menunjukkan Anda benar-benar
berkomitmen untuk pelanggan. Dorong pelanggan Anda untuk memberikan ulasan
sehingga Anda dapat memanfaatkan peluang sepenuhnya.
Memberdayakan pelanggan Anda untuk mengomentari
perusahaan Anda dan meluangkan waktu untuk menanggapi mereka membuat pelanggan
merasa dihargai dan diinginkan. Ulasan adalah cara hebat untuk menunjukkan
bahwa Anda mendengarkan dan menanggapi semua kritikan, dan bahwa Anda
benar-benar menghargai pelanggan.
Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ;
Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko
Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis
Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing,
Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar