Selasa, 06 November 2018

Menata Display Produk | Konsultan Bisnis Manajemen


KONSULTAN BISNIS MANAJEMEN

KONSULTAN TOKO BANGUNAN

TERBAIK, +62 0813-9864-6177, Konsultan Toko Bangunan, Menata Display Produk, Cara Menata Display Toko, Cara Menata Display, Menata Display, Cara Menata Display, Cara Menata Display Toko Bangunan


Mengatur Display Untuk Pelanggan – Perkembangan pembangunan yang semakin pesat dan terus meningkat,menjadi prospek yang bagus bagi para pelaku bisnis untuk mengembangkan usaha.Para pelaku usaha yang diuntungkan dengan kondisi ini antara lain adalah produsen bahan bangunan,distributor bahan bangunan,agen bahan bangunan dan ujung tombaknya adalah pelaku usaha toko bangunan. Maka tak heran jika saat ini banyak orang yang berlomba-lomba untuk memanfaatkan kesempatan ini.Misalnya,jika dulunya pelaku usaha toko bangunan didominasi oleh orang-orang Tionghoa,maka saat ini sudah mulai banyak toko bangunan yang dimiliki oleh orang-orang pribumi misalnya orang Jawa dan orang Sunda.




Namun,dengan perkembangan toko bangunan yang semakin banyak maka persainganpun akan semakin ketat.Untuk memenangkan persaingan,maka toko bangunan dituntut untuk memberikan nilai lebih pada konsumen.Agar usaha toko bangunan baru tidak kalah bersaing dengan toko bangunan yang sudah lama,diperlukan tips dan trik tersendiri,salah satunya adalah dalam hal desain toko.Berikut ini tips dan trik untuk toko bangunan konvensional yang bisa kita terapkan : 


1. Pengelompokkan Barang


Jika setiap barang yang dijual tertata rapi di masing – masing display outlet toko, tentunya pengunjung akan lebih mudah menemukan setiap kebutuhannya. Sebuah toko bahan bangunan tentunya memiliki begitu banyak item yang dijual. Baiknya setiap item tersebut dikelompokkan sesuai dengan jenis dan merknya masing – masing. Contohnya, kelompokkan bahan-bahan yang lebih berpotensi berdebu seperti semen, keramik, pasir, dan lain sebagainya di sebuah rak atau ruangan tertentu. Selanjutnya, booth toko bangunan lainnya merupakan tempat untuk menata item-item yang lebih bersih, seperti produk-produk sanitary, cat, aksesoris bangunan, dan lain sebagainya. Penggunaan rak juga dapat menjadi hiasan yang membuat toko semakin terlihat menarik dan dapat menghemat tempat juga.

Pengelompokkan setiap barang bisa juga sesuai dengan merk, harga masing-masing item, ukuran barang, hingga material barang. Atau berdasarkan kelompok pekerjaan konstruksi seperti alat kerja dan bahan material finishing. Dengan penataan yang seperti ini, para pembeli akan lebih mudah menemukan dan memilih barang yang paling sesuai dengan kebutuhan serta daya beli mereka. Hal ini juga akan mempermudah pembeli untuk membandingkan setiap barang tanpa harus banyak bertanya pada penjaga toko. Karena seringkali banyak pembeli yang mencari barang yang sedang mereka butuhkan tetapi tidak tahu apa nama dari barang tersebut.

2. Counter Pelayanan

Pada area counter pelayanan bisa kita satukan dengan area display produk dan storage (barang kecil dan ringan),namun harus ditata dengan rapih karena area ini adalah yang menjadi tempat menerima konsumen pertama kali,yang artinya image atau kesan toko bangunan yang akan ditampilkan terwakili di area ini.Usahakan agar area ini bisa menampung konsumen sebanyak-banyaknya,sehingga apabila kita bisa menyediakan banyak sales,otomatis akan banyak customer yang bisa terlayani.


3. Desain Interior Toko

Seperti yang telah dibahas di atas, bahwa sebuah toko bangunan juga memerlukan tingkat kenyamanan yang cukup bagi pengunjung. Pastikan Anda memiliki ruang yang cukup luas untuk mendisplay semua item yang Anda jual; paling tidak 1 barang per item sebagai sampel dan pembeli dapat meminta penjaga toko untuk mengambilkan barang tersebut ketika mereka tertarik untuk membeli. Kedua, pastikan ruang display outlet toko dibuat dengan ventilasi dan pencahayaan yang cukup. Tentunya hal ini akan membuat toko semakin nyaman dan pembeli betah untuk berbelanja setiap kebutuhan mereka.
Selanjutnya, pastikan juga model rak display toko bangunan Anda sesuai dengan kebutuhan pemajangan produk yang Anda jual; dari segi ukuran, jenis bahan, dan juga tingkat kekuatannya yang akan menopang setiap item. Pastikan bahwa cara Anda menata setiap item dapat menunjukkan kualitas Anda sebagai penyedia barang dan bahan bangunan. Untuk membuat sebuah toko bangunan yang nyaman semacam ini, Anda membutuhkan jasa kontraktor stand toko bangunan yang sangat memahami setiap kebutuhan sebuah toko bangunan.

4. Pencahayaan Dalam Ruangan

Pencahayaan dalam ruangan toko bisa cukup berpengaruh terhadap konsumen saat mereka memilih produk di dalam toko. Ruangan yang kurang pencahayaan bisa memberikan suasana kurang nyaman, bahkan saat di lihat dari jauh saja suasana toko yang gelap sudah memberikan kesan yang sumpek dan produk di dalamnya pun seakan tidak menarik perhatian.
Tidak heran, dalam sebuah minimarket dan toko-toko terkemuka pencahayaan ini menjadi sangat diperhatikan, berpuluh-puluh lampu di pasang di dalamnya bahkan di biarkan menyala meski di siang hari. Tentunya hal ini bukannya dilakukan tanpa alasan, mereka berupaya menciptakan suasana yang terang sehingga produk jualannya terlihat mencolok dan menarik perhatian. 


5. Tampak Bangunan

Tampak bangunan seringkali menjadi penanda utama bagi customer baru.Toko bangunan yang terlihat besar akan lebih menarik karena terkadang calon pembeli baru akan mencari toko bangunan yang besar dengan harapan lebih lengkap,sehingga pembeli cukup berbelanja ke satu tempat saja untuk mendapatkan semua barang yang dibutuhkan.Jika ada beberapa papan iklan dari sponsor,usahakan susunannya tidak saling menutupi sehingga memudahkan customer untuk membacanya.Pihak sponsor juga tidak merasa dirugikan karena produknya kurang terlihat. Warna juga dapat menarik minat pelanggan, maka dari itu anda bisa memberikan warna-warna cerah untuk dinding di toko anda.

6.Tampilkan Karya Seni

Anda bisa membuat toko bangunan anda terkesan berbeda dari toko-toko yang lain dengan cara memberikan karya seni lukisan atau mural dari para seniman lokal. Ide yang satu ini jarang sekali digunakan oleh toko bangunan, jadi ini bisa menjadi point lebih dari toko anda. Anda juga beruntung karena di idnonesia banyak anak-anak muda berjiwa seni yang dapat ciptakan karya unik dan menarik. Selain memperindah toko bangunan anda, anda juga turut membantu mempromosikan karya seni mereka.


7. Area Parkir Customer

Sering terjadi pelanggan enggan dan mengurungkan niatnya untuk berbelanja karena tidak adanya area parkir yang cukup. Menyatunya tempat parkir dengan area keluar masuknya barang juga menjadi kekhawatiran konsumen terhadap kendaraannya. Hal ini akan menyebabkan tidak tenangnya proses belanja di toko bangunan anda.
Padahal dalam kondisi tenang, konsumen akan cederung untuk meluangkan waktu lebih banyak di toko sembari beramah-tamah. Alhasil, kemungkinan besar para konsumen akan berbelanja lebih banyak atau mencari barang-barang yang kira-kira dibutuhkan untuk hunian atau proyeknya.
Berikut ini beberapa alternatife peletakkan massa dengan area parkir pengunjung yang cukup nyaman :

-         Peletakkan area parkir pengunjung berada di salah satu sisi bangunan. Lalu memanfaatkan sisi lainnya untuk digunakan sebagai tempat parkir truk dan kegiatan bongkar muat barang, menjadikan tempat bongkar muat barang berada di area yang terpisah dari tempat parkir pengunjung.

-         Peletakkan area parkir disisi belakang bangunan, menjadikan pencapaian ke tempat parkir dan area bongkar muat sangat mudah. Selain itu, peletakkan area bongkar muat barang yang diletakkan di sisi belakang, menjadikan area parkir memiliki kapasitas yang cukup leluasa.


Ketujuh hal yang telah disebutkan tadi dapat menjadi ide sederhana membuat toko bangunan anda terlihat lebih hidup. Intinya adalah berfokus untuk memberikan pengalaman menyenangkan untuk para pelanggan melalui desain interior tokomu. Buat pelanggan merasa nyaman untuk bersantap, sehingga mereka akan datang lagi dan lagi. Dan yang terpenting, bagus bukan berarti mahal. Dengan sedikit memutar otak dan menggali kreatifitas, anda pasti bisa menemukan konsep desain yang paling sesuai untuk bisnismu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jenis Kamar Hotel dari Fasilitas Hingga Fungsinya, Penting bagi Pelancong | Konsultan Bisnis Dan Manajemen

KONSULTAN BISNIS DAN MANAJEMEN EXPERT, +62 813 - 9864 – 6177, Jenis Kamar Hotel dari Fasilitas Hingga Fungsinya, Penting bagi Pelancon...