KONSULTAN BISNIS MANAJEMEN
KONSULTAN TOKO BANGUNAN
TERBAIK, +62 0813-9864-6177, Konsultan Toko Bangunan, Menata Display Produk, Cara Menata Display Toko, Cara Menata Display, Menata Display, Cara Menata Display, Cara Menata Display Toko Bangunan
Mengatur Display Untuk Pelanggan – Perkembangan
pembangunan yang semakin pesat dan terus meningkat,menjadi prospek yang bagus
bagi para pelaku bisnis untuk mengembangkan usaha.Para pelaku usaha yang
diuntungkan dengan kondisi ini antara lain adalah produsen bahan
bangunan,distributor bahan bangunan,agen bahan bangunan dan ujung tombaknya
adalah pelaku usaha toko bangunan.
Maka
tak heran jika saat ini banyak orang yang berlomba-lomba untuk memanfaatkan
kesempatan ini.Misalnya,jika dulunya pelaku usaha toko bangunan didominasi oleh
orang-orang Tionghoa,maka saat ini sudah mulai banyak toko bangunan yang
dimiliki oleh orang-orang pribumi misalnya orang Jawa dan orang Sunda.
1.
Pengelompokkan Barang
Jika setiap barang yang dijual tertata rapi di
masing – masing display outlet toko, tentunya pengunjung akan lebih mudah
menemukan setiap kebutuhannya. Sebuah toko bahan bangunan tentunya memiliki
begitu banyak item yang dijual. Baiknya setiap item tersebut dikelompokkan
sesuai dengan jenis dan merknya masing – masing. Contohnya, kelompokkan
bahan-bahan yang lebih berpotensi berdebu seperti semen, keramik, pasir, dan
lain sebagainya di sebuah rak atau ruangan tertentu. Selanjutnya, booth toko
bangunan lainnya merupakan tempat untuk menata item-item yang lebih bersih,
seperti produk-produk sanitary, cat, aksesoris bangunan, dan lain sebagainya. Penggunaan
rak juga dapat menjadi hiasan yang membuat toko semakin terlihat menarik dan
dapat menghemat tempat juga.
Pengelompokkan setiap barang bisa juga sesuai dengan
merk, harga masing-masing item, ukuran barang, hingga material barang. Atau
berdasarkan kelompok pekerjaan konstruksi seperti alat kerja dan bahan material
finishing. Dengan penataan yang seperti ini, para pembeli akan lebih mudah
menemukan dan memilih barang yang paling sesuai dengan kebutuhan serta daya
beli mereka. Hal ini juga akan mempermudah pembeli untuk membandingkan setiap
barang tanpa harus banyak bertanya pada penjaga toko. Karena seringkali banyak
pembeli yang mencari barang yang sedang mereka butuhkan tetapi tidak tahu apa
nama dari barang tersebut.
2. Counter Pelayanan
Pada area counter pelayanan bisa kita satukan dengan area display produk dan storage (barang kecil dan ringan),namun harus ditata dengan rapih karena area ini adalah yang menjadi tempat menerima konsumen pertama kali,yang artinya image atau kesan toko bangunan yang akan ditampilkan terwakili di area ini.Usahakan agar area ini bisa menampung konsumen sebanyak-banyaknya,sehingga apabila kita bisa menyediakan banyak sales,otomatis akan banyak customer yang bisa terlayani.
3. Desain Interior Toko
Seperti yang telah dibahas di atas, bahwa sebuah toko bangunan juga memerlukan tingkat kenyamanan yang cukup bagi pengunjung. Pastikan Anda memiliki ruang yang cukup luas untuk mendisplay semua item yang Anda jual; paling tidak 1 barang per item sebagai sampel dan pembeli dapat meminta penjaga toko untuk mengambilkan barang tersebut ketika mereka tertarik untuk membeli. Kedua, pastikan ruang display outlet toko dibuat dengan ventilasi dan pencahayaan yang cukup. Tentunya hal ini akan membuat toko semakin nyaman dan pembeli betah untuk berbelanja setiap kebutuhan mereka.
Selanjutnya, pastikan juga model rak display toko bangunan Anda sesuai dengan kebutuhan pemajangan produk yang Anda jual; dari segi ukuran, jenis bahan, dan juga tingkat kekuatannya yang akan menopang setiap item. Pastikan bahwa cara Anda menata setiap item dapat menunjukkan kualitas Anda sebagai penyedia barang dan bahan bangunan. Untuk membuat sebuah toko bangunan yang nyaman semacam ini, Anda membutuhkan jasa kontraktor stand toko bangunan yang sangat memahami setiap kebutuhan sebuah toko bangunan.
4. Pencahayaan Dalam Ruangan
Pencahayaan dalam ruangan toko bisa cukup berpengaruh terhadap konsumen saat mereka memilih produk di dalam toko. Ruangan yang kurang pencahayaan bisa memberikan suasana kurang nyaman, bahkan saat di lihat dari jauh saja suasana toko yang gelap sudah memberikan kesan yang sumpek dan produk di dalamnya pun seakan tidak menarik perhatian.
Tidak heran, dalam sebuah minimarket dan toko-toko terkemuka pencahayaan ini menjadi sangat diperhatikan, berpuluh-puluh lampu di pasang di dalamnya bahkan di biarkan menyala meski di siang hari. Tentunya hal ini bukannya dilakukan tanpa alasan, mereka berupaya menciptakan suasana yang terang sehingga produk jualannya terlihat mencolok dan menarik perhatian.
5. Tampak Bangunan
Tampak bangunan seringkali menjadi penanda utama bagi customer baru.Toko bangunan yang terlihat besar akan lebih menarik karena terkadang calon pembeli baru akan mencari toko bangunan yang besar dengan harapan lebih lengkap,sehingga pembeli cukup berbelanja ke satu tempat saja untuk mendapatkan semua barang yang dibutuhkan.Jika ada beberapa papan iklan dari sponsor,usahakan susunannya tidak saling menutupi sehingga memudahkan customer untuk membacanya.Pihak sponsor juga tidak merasa dirugikan karena produknya kurang terlihat. Warna juga dapat menarik minat pelanggan, maka dari itu anda bisa memberikan warna-warna cerah untuk dinding di toko anda.
6.Tampilkan Karya Seni
Anda bisa membuat toko bangunan anda terkesan berbeda dari toko-toko yang lain dengan cara memberikan karya seni lukisan atau mural dari para seniman lokal. Ide yang satu ini jarang sekali digunakan oleh toko bangunan, jadi ini bisa menjadi point lebih dari toko anda. Anda juga beruntung karena di idnonesia banyak anak-anak muda berjiwa seni yang dapat ciptakan karya unik dan menarik. Selain memperindah toko bangunan anda, anda juga turut membantu mempromosikan karya seni mereka.
7. Area Parkir Customer
Sering terjadi pelanggan enggan dan mengurungkan niatnya untuk berbelanja karena tidak adanya area parkir yang cukup. Menyatunya tempat parkir dengan area keluar masuknya barang juga menjadi kekhawatiran konsumen terhadap kendaraannya. Hal ini akan menyebabkan tidak tenangnya proses belanja di toko bangunan anda.
Padahal dalam kondisi tenang, konsumen akan cederung untuk meluangkan waktu lebih banyak di toko sembari beramah-tamah. Alhasil, kemungkinan besar para konsumen akan berbelanja lebih banyak atau mencari barang-barang yang kira-kira dibutuhkan untuk hunian atau proyeknya.
Berikut ini beberapa alternatife peletakkan massa dengan area parkir pengunjung yang cukup nyaman :
-
Peletakkan area
parkir pengunjung berada di salah satu sisi bangunan. Lalu memanfaatkan sisi
lainnya untuk digunakan sebagai tempat parkir truk dan kegiatan bongkar muat
barang, menjadikan tempat bongkar muat barang berada di area yang terpisah dari
tempat parkir pengunjung.
-
Peletakkan area
parkir disisi belakang bangunan, menjadikan pencapaian ke tempat parkir dan
area bongkar muat sangat mudah. Selain itu, peletakkan area bongkar muat barang
yang diletakkan di sisi belakang, menjadikan area parkir memiliki kapasitas
yang cukup leluasa.
Ketujuh hal yang telah disebutkan tadi dapat menjadi ide sederhana membuat toko bangunan anda terlihat lebih hidup. Intinya adalah berfokus untuk memberikan pengalaman menyenangkan untuk para pelanggan melalui desain interior tokomu. Buat pelanggan merasa nyaman untuk bersantap, sehingga mereka akan datang lagi dan lagi. Dan yang terpenting, bagus bukan berarti mahal. Dengan sedikit memutar otak dan menggali kreatifitas, anda pasti bisa menemukan konsep desain yang paling sesuai untuk bisnismu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar