Selasa, 18 Desember 2018

Jenis - Jenis Promosi | Konsultan Bisnis Manajemen


KONSULTAN TOKO BANGUNAN

PAKAR, +62 813-9864-6177, Jenis Promosi

Konsultan, Manajemen Konsultan Indonesia, Konsultan Bisnis di Indonesia, Konsultan Bisnis di Terbaik di Jakarta, Konsultan Bisnis di Jakarta, Konsultan Bisnis di Jakarta Pusat, Konsultan Bisnis di Jakarta Barat, Konsultan Bisnis di Jakarta Timur, Konsultan Bisnis di Jakarta Utara, Konsultan Bisnis di Jakarta Selatan

JENIS PROMOSI - Dalam dunia marketing memasarkan suatu produk tidak lepas dari promosi. Tujuan promosi sebuah produk adalah untuk memberikan informasi serta bauran pemasarannya. Dengan kata lain, promosi berguna untuk memperkenalkan atau menginformasikan kepada konsumen jika sudah ada produk baru yang kualitasnya tidak kalah jika dibandingkan dengan kualitas produk yang sudah lama ada. Setelah konsumen mengetahui segala keunggulan produk baru tersebut, diharapkan konsumen tersebut dapat terpengaruh dan terbujuk dan beralih membeli produk yang dipromosikan. Jika promosi ini berhasil, di periode berikutnya perusahaan selaku produsen produk tersebut hanya perlu mengingatkan konsumen bahwa produk tersebut tetap aman dan layak untuk tetap dikonsumsi.



Agar hasil dapat diraih secara maksimal, maka kegiatan promosi harus dilaksanakan dengan efektif. Dalam hal ini penting adanya bauran promosi atau kombinasi yang maksimal untuk berbagai jenis kegiatan atau pemilihan jenis kegiatan promosi yang efektif untuk meningkatkan angka penjualan. Di dalam dunia marketing, terdapat empat jenis kegiatan promosi yang biasa dilakukan, antara lain:


1. Periklanan Atau Advertising
Bentuk kegiatan promosi ini bersifat non personal yang artinya di dalam kegiatan promosi yang dilakukan menggunakan atau memanfaatkan berbagai media yang bertujuan untuk merangsang minat beli konsumen. Jenis promosi berupa advertising umumnya berisi tentang tawaran suatu produk kepada konsumen dengan melakukan penawaran dengan cara mengemukakan alasan kenapa konsumen harus melakukan pembelian produk atau barang tersebut.


2. Penjualan Tatap Muka Atau Personal Selling
Bentuk promosi ini berupa kegiatan tatap muka dengan melakukan presentasi lisan dalam suatu kesempatan untuk melakukan percakapan dengan calon pembeli. Sama halnya dengan periklanan, tujuan promosi dengan cara personal selling juga bertujuan untuk merangsang minat beli konsumen namun kegiatan promosinya dilakukan dengan cara mendatangi ke tempat konsumennya secara langsung oleh seorang salesperson. Dengan teknik personal selling maka akan terjadi komunikasi antara penjual dan pembeli.

Secara umum tugas seorang sales person dibagi kedalam 5 bagian, yaitu;
·         Memberikan informasi produk atau barang kepada calon pembeli
·         Memberikan penjelasan tentang manfaat produk yang dijual
·         Memberikan jawaban terhadap pertanyaan atau argumentasi calon pembeli
·         Mengarahkan konsumen untuk melakukan pembelian
·         Memberikan layanan purna jual yang memuaskan

Keunggulan teknik penjualan tatap muka adalah adanya kontak langsung antara penjual dan pembeli dan bisa dengan segera mengetahui tanggapan atau respon pembeli terhadap produk yang dijual. Namun, teknik promosi penjualan tatap muka memiliki kekurangan yaitu biaya operasionalnya yang cukup tinggi.


3. Publisitas Atau Publicity
Jenis promosi ini biasanya berbentuk ulasan tentang suatu produk yang kemudian disebarluaskan melalui media cetak maupun media elektronik. Cara ini dianggap sangat efektif karena dapat menjangkau konsumen yang tidak bisa dijangkau oleh advertensi dan personal selling.

4. Promosi Penjualan Atau Sales Promotion
Jenis promosi yang terakhir berbeda dengan jenis promosi yang lainnya. Kegiatan promosi ini biasanya dilakukan dengan cara memberikan sesuatu sebagai perangsang agar konsumen melakukan pembelian produk. Bentuknya bisa berupa uang, barang, atau tambahan lainnya yang biasanya disertakan bersama produk tersebut.

Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jenis Kamar Hotel dari Fasilitas Hingga Fungsinya, Penting bagi Pelancong | Konsultan Bisnis Dan Manajemen

KONSULTAN BISNIS DAN MANAJEMEN EXPERT, +62 813 - 9864 – 6177, Jenis Kamar Hotel dari Fasilitas Hingga Fungsinya, Penting bagi Pelancon...