KONSULTAN TOKO BANGUNAN
KOMPETEN, +62 813-9864-6177, Hal Yang Di Butuhkan Pihak Sponsor Dalam Sponsorship
Sponsor adalah, SponsorShip Online adalah, Konsultan Bisnis, Konsultan Bisnis 2018, Manajemen Bisnis, Sukses Bisnis, Peluang Usaha, Peluang Usaha, Peluang Usaha 2018, Konsultan Bisnis Depok, Konsultan Bisnis Cimahi, Konsultan Bisnis Bekasi.
HAL
YANG DIBUTUHKAN PIHAK SPONSOR DALAM SPONSORSHIP -
Sponsor adalah sebuah homonim karena artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang
sama tetapi maknanya berbeda. Sponsor memiliki arti dalam kelas nomina atau
kata benda sehingga sponsor dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau
semua benda dan segala yang dibendakan. Sponsorship adalah dukungan finansial
atau materi pendukung kepada suatu organisasi, orang, atau aktivitas yang
dipertukarkan dengan publisitas merek dalam suatu hubungan kerjasama.
Sponsorship dapat membedakan sekaligus meningkatkan nilai suatu merek.
Ketika
kita mengajukan penawaran sponsorship kepada sebuah Brand yang akan mendukung
penyelenggaraan program, kita akan mempelajari dan mengidentifikasi calon
sponsor yang kuat, dan harus dipahami dulu, apa keuntungan yang dapat
ditawarkan kepada mereka, karena mereka tidak akan begitu saja memberikan
supporting investment apabila tidak mendapatkan benefit yang rasional buat
brand atau produk mereka. Setelah itu baru
dibuat ringkasan eksekutif (executive summary), dan menyusun paket
proposal sesuai dengan apa yang
diinginkan sponsor, hal ini untuk
mendapatkan peluang besar Anda mendapatkan sponsor.
Yang
diharapkan sponsor dari kerjasama :
1.Membangun hubungan dengan konsumen
untuk menambah brand equity
brand
equity (nilai persepsi komersial) suatu produk dipengaruhi oleh nama, jaminan
kualitas, serta prestise tertentu kepada konsumen. dan untuk memperkuat ikatan
dalam pertukaran. sponsorship akan memberikan tambahan nilai kepercayaan dan
loyalitas konsumen terhadap produk tersebut.
Baca juga : Kesalahan Ketika Merekrut Karyawan
2.Mendukung program Komersial yang
sedang berjalan
Sponsor
yang bertujuan commercial programme adalah bahwa sebuah perusahaan mensponsori
suatu program lain dengan tujuan untuk
menjalankan aktifitas promosi yang diperlukan yang sedang dijalankan, untuk
kepentingan perusahaannya serta untuk mendukung kegiatan promosi mereka sendiri
melalui upaya komunikasi pemasaran yang terpadu.
3.Manfaat Pengembalian modal dari
biaya yang telah dikeluarkan
Manfaat
penyediaan sponsorship secara finansial adalah mengembalikan dana yang telah
dikeluarkan pihak perusahaan untuk mensponsori suatu event dalam jumlah
tertentu. baik langsung melalui penjualan di area product supporting, maupun
tidak langsung seperti peningkatan penjualan sebagai efek dari awareness pengunjung terhadap produk sponsor.
Baca juga : Modal membuka usaha toko bangunan
4.Membonceng kekuatan citra Brand
dari Produk yang disponsori
Target
audiens juga akan terkena dampak merek secara tidak langsung, yakni melalui
pihak ketiga (kegiatan yang disponsori). Hal ini dapat mengakibatkan
meningkatnya nama dan pencitraan serta rasa percaya (believability) yang lebih besar dari merek tersebut.
Sebuah
program yang besar atau nama besar penyelenggara dapat membawa dampak
memperluas target audience yang begitu besar dan kepercayaan akan kekuatan
image produk sponsor tersebut. Sponsor supporting juga dapat menyebabkan reaksi yang baik
konsumen dan aktifnya pasar.
5.Membangun Brand Awareness dalam
jangka panjang
Tujuan
utama dari sponsor adalah untuk
membangun kesadaran merek (Brand Awareness ) bagi produk
dalam jangka panjang. Keikut sertaan sponsor dalam sebuah program
sebagai salah satu langkah melebar diluar kekuatan program mereka sendiri, karena telah terbantu
dengan program tambahan (Additive programme support) yang dibuat oleh orang lain.
6.Membangun kemitraan yang solid dan
saling berdampak untuk jangka panjang
Banyak
sekali Event Organizeratau penyelenggara acara
melihat pencarian sponsor semata-mata sebagai aktivitas penggalangan
dana untuk mendukung acara yang dibuat. Hal ini tidak dilihat sebagai hal yang
menguntungkan bagi pihak sponsor. Sponsorship lebih lanjut dapat menjadi sebuah bentuk kerjasama kemitraan
pemasaran antara perusahaan pendukung dengan brand yang di programkan.
7.Menambahkan Pengalaman pemasaran
produk dan penggalian orientasi Target Audience
Saat ini
para sponsor juga mengharapkan agar kita membantu mereka memahami lebih
mendalam mengenai orientasi dan perilaku kebutuhan dari para pengunjung acara
yang kita selenggarakan. Banyak yang ingin mengetahui alasan orang-orang tersebut mau untuk datang
ke sebuah acara, apa yang menjadi daya tarik utamanya, Bagaimana cara jitu
penyampaian komunikasi bellow the line (non iklan media massa) dimana produk
dapat berhubungan langsung dengan konsumen, Para sponsor juga ingin dapat
memperbaiki atau meningkatkan pengalamannya.
8.Compability with the Company’s
atau Brand positioning
Perusahaan
yang mensponsori suatu kegiatan, biasanya mendapatkan fasilitas eksklusif untuk
mendapatkan manfaat dari kegiatan tersebut (Massage capasity), misalnya
fasilitas tempat-tempat (space) tertentu untuk pemasangan logo brand produk-produk
perusahaan disekitar lokasi kegiatan event tersebut, dan juga tentunya akan
masuk dalam program broadcasting, iklan atau liputan ke media massa.
Baca juga : faktor-faktor mempengaruhi pemilihan harga
9.Mempertimbangkan untuk mengungguli
aktifitas event produk kompetitor
Persaingan
sponsorship pada brand jenis tertentu dapat memberi kesempatan untuk “mengadu”
satu calon sponsor dengan yang lain dalam rangka mencari benefit tertinggi.
Jika sebuah produk minuman cmpetitor sudah mensponsori suatu program
event lain tapi dalam penggolongan yang sama, sampaikan hal itu
kepada calon sponsor minuman anda. Mereka akan mempertimbangkan bargainyang
‘lebih’ untuk anda.
Saat ini
tidak ada satu perusahaan pun yang memberikan dukungan materi atau apapun dari
permohonan yang tidak dikenal atau tidak
jelas reputasinya, Siapapun yang
bersedia menyediakan sponsor pasti ingin agar perusahaannya meraih keuntungan
dari pengeluarannya, mendapatkan nama baik atau
agar dikenal lebih luas.
Sponsorship
yang didasarkan pada kemitraan mampu memberikan beragam jenis hasil yang menyebabkan
sponsor manapun sulit untuk meninggalkan kerjasama kemitraan tersebut.
Investasi dalam bentuk tunai atau barang dalam suatu kegiatan, yang akan
mendapatkan imbalan sebagai akses
potensi komersial yang terkait dengan kegiatan ini.
Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala
jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket,
Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik :
Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik
Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran,
Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop,
Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis
Industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar