Senin, 17 Desember 2018

Manfaat Sosial Media Untuk Bisnis | Konsultan Bisnis Manajemen


KONSULTAN TOKO BANGUNAN

TERNAMA, +62 813-9864-6177, MANFAAT SOSIAL MEDIA UNTUK BISNIS

Sosial Media Online, Sosial Media Adalah, Sosial Media Definisi, Apa Manfaat Sosial Media, Manfaat Sosial Media Bagi Bisnis, Manfaat Sosial Media Untuk Bisnis, Konsultan Bisnis, Konsultan Bisnis 2018,Konsultan Bisnis Bandung, Konsultan Bisnis Bogor, Konsultan Bisnis Sukabumi.

MANFAAT SOSIAL MEDIA UNTUK BISNIS - Media sosial adalah sebuah media daring, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Sosial media sekarang telah memiliki peran penting dalam strategi pemasaran bagi bisnis kecil maupun besar. Kini berbagi informasi kepada pengunjung atau follower bukan satu-satunya keuntungan menggunakan sosial media bagi sebuah bisnis. Banyak orang di seluruh dunia telah menemukan cara bagaimana sosial media dapat memberikan kontribusi kesuksesan dan perkembangan pada segala aspek.


Berikut adalah 10 manfaat media sosial bagi bisnis:

1.Dapat Mencari Tahu Lebih Banyak Mengenai Pelanggan
Salah satu kunci sukses bagi seluruh bisnis dengan mengenal pelanggannya lebih dekat. Sosial media membuat proses pengenalan ini menjadi lebih mudah dibandingkan dengan sebelumnya. Dengan perangkat pendukung yang ada, kini anda bisa mengetahui dengan terperinci mengenai siapa saja konsumen anda, bahasa yang mereka gunakan, rentang usia, bahkan jenis kelamin dari sosial media Informasi ini dapat membantu proses branding dan promosi kepada target konsumen yang tepat.

2.Membantu Pencarian Target Konsumen Lebih Efektif
Sosial media seperti Facebook dan Twitter memiliki perangkat pendukung yang membantu Anda untuk menyajikan informasi yang sesuai bagi konsumen. Contohnya jika ingin melakukan promosi melalui instagram, postingan foto Anda bisa dilengkapi dengan fitur location atau #hashtag. Manfaatkan fitur location Instagram untuk memasarkan bisnis Anda dengan lebih tertarget. Dengan demikian, audiens yang ingin mengunjungi lokasi wisata tersebut bisa tertarik dan memiliki kemungkinan untuk menjadi konsumen.


3.Membantu Menemukan Konsumen Baru dan Memperluas Target Pasar
Sosial media seperti Instagram membantu bisnis kecil untuk menemukan konsumen dan mencari konsumen yang potensial. Jika ingin mencari konsumen dengan lokasi yang berdekatan dengan anda, pencarian berdasarkan lokasi terdekat bisa dilakukan dengan Instagram. Selanjutnya anda akan menemukan calon konsumen yang bisa dihubungi sehubungan dengan promosi bisnis anda. Anda bisa menggunakan fitur location agar mudah ditemukan calon konsumen yang dekat dengan lokasi bisnis anda.

4.Memudahkan dalam Memberikan Feedback Secara Langsung
Sosial media untuk bisnis memberikan akses kepada feedback positif maupun negatif dari konsumen, yang merupakan informasi berharga dari sudut pandang konsumen. Sebagai contoh, jika meluncurkan produk baru dan di bagikan melalui sosial media, maka secara instan bisa langsung mengetahui pendapat konsumen. Cara lain untuk mengetahui perspektif konsumen adalah dengan mempelajari bagaimana cara mereka menggunakan produk Anda. Dengan begini respon konsumen terhadap aspek apapun pada bisnis anda bisa terlihat dengan jelas.

5.Mengembangkan Target Pasar dan Selangkah Lebih Maju dari Kompetitor
Dengan sosial media bisa mendapatkan informasi penting dari kompetitor, yang kemudian dapat meningkatkan strategi pemasaran. Dengan cara ini, bisa menganalisa teknik apa saja yang digunakan oleh kompetitor dan melakukan hal yang lebih baik dari yang mereka lakukan. Selain itu juga bisa menggunakan sosial media untuk teknik pemasaran yang sedikit nakal, yaitu untuk melihat kelebihan & kekurangan kompetitor.

6.Membantu Meningkatkan Pengunjung Website dan Ranking Search Engine
Salah satu keuntungan terbesar dari sosial media bagi bisnis adalah meningkatkan jumlah pengunjung website. Namun tidak hanya kunjungan yang bisa Anda dapatkan. Apabila informasi yang mereka temukan pada website Anda bermanfaat, mereka akan melakukan ‘share’ di sosial media. Meskipun tidak signifikan tetapi media sosial juga bisa meningkatkan ranking website dengan memberikan sinyal positif kepada search engine.

7.Bagikan Informasi Lebih Cepat dengan Sosial Media
Sebelumnya proses pemasaran mengalami kendala untuk menyajikan informasi kepada konsumen dalam waktu yang singkat. Kini dengan adanya sosial media, penyampaian informasi kepada konsumen menjadi lebih mudah dan cepat. Saat menggunakan sosial media untuk bisnis, khususnya untuk membagikan informasi mengenai bisnis, cukup klik tombol ‘share’ pada setiap sosial media yang digunakan. Pastikan bahwa informasi yang dibagikan sesuai dengan minat target konsumen.

8.Membantu Konsumen Menjangkau Bisnis
Sosial media mampu menjangkau siapapun yang menggunakannya, terlepas apakah itu calon konsumen ataupun bisnis lain yang juga membutuhkan jasa atau produk bisnis. Konsumen dapat memanfaatkan sosial media dalam melakukan pencarian produk atau jasa yang dibutuhkan. Kini pengguna smartphone semakin meningkat bersamaan juga dengan akses ke sosial media, alasannya sederhana yakni karena lebih praktis. Begitu pula dengan pencarian produk atau brand, kini konsumen selalu berusaha mencari informasi sebuah brand di sosial media. Hal ini biasanya dilakukan sebelum memutuskan untuk membeli atau menggunakan suatu produk.
Konsumen melakukan hal ini untuk mencari tahu reputasi brand Anda di sosial media, seperti berapa banyak follower, seperti apa komentar konsumen lain, informasi produk terbaru dan hal lainnya. Selain untuk melihat reputasi, konsumen juga menggunakan sosial media untuk mengukur seberapa terpercayanya brand Anda.

9.Lebih Dekat dengan Konsumen Melalui Sosial Media
Sosial media merupakan sarana yang sesuai untuk menciptakan hubungan dengan konsumen. Contohnya, sosial media membantu bisnis agen perjalanan wisata untuk berkomunikasi dengan wisatawan. Hubungan dengan konsumen dibangun sebelum, pada saat, dan setelah konsumen menggunakan jasa mereka. ‘Sebelum’ adalah pada saat calon wisatawan melakukan riset mengenai lokasi wisata/jasa di sosial media. ‘Pada saat’ adalah ketika wisatawan berada di lokasi wisata dan ‘setelah’ adalah ketika wisatawan selesai berwisata dan memosting konten mereka pada saat liburan. Komunikasi semacam ini sangat memungkinkan dilakukan melalui sosial media saat ini dibandingkan hanya melalui pemasaran konvensional.


10.Meningkatkan Brand Awareness dan Promosi dengan Biaya yang Minim
Sosial media membantu bisnis untuk meningkatkan brand awareness dengan biaya yang bisa dibilang hampir tidak ada. Biaya yang sangat diperlukan untuk hal ini adalah waktu. Pasalnya membangun brand dengan sosial media setidaknya membutuhkan tenaga, proses dan waktu yang tidak singkat. Meskipun tanpa biaya, yang dimaksud disini adalah ketika benar-benar melakukan promosi di sosial media tanpa menggunakan iklan. Hal ini sangat mungkin dilakukan dan hasilnya bisa jauh lebih baik daripada mengandalkan iklan.

Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jenis Kamar Hotel dari Fasilitas Hingga Fungsinya, Penting bagi Pelancong | Konsultan Bisnis Dan Manajemen

KONSULTAN BISNIS DAN MANAJEMEN EXPERT, +62 813 - 9864 – 6177, Jenis Kamar Hotel dari Fasilitas Hingga Fungsinya, Penting bagi Pelancon...