KONSULTAN TOKO BANGUNAN
TERBAIK, +62 0813-9864-6177, Cara Bersaing Yang Sehat Dalam Berbisnis
Bersaing Sehat Dalam Bisnis, Cara Bersaing Yang Sehat, Cara Bersaing Dalam Bisnis, Bersaing Dalam Bisnis, Bersaing Sehat, Konsultan Sidoarjo, Konsultan Surabaya, Konsultan Jogja, Konsultan Jawa Timur, Konsultan Jawa Tengah.
Cara Bersaing Yang Sehat
Dalam Berbisnis - Dalam dunia bisnis yang semakin bersaing dan dinamis
seperti sekarang ini, selain diperlukan strategi pemasaran yang jitu dan
manajamen yang baik, masih ada beberapa faktor penting lainnya Salah satunya
adalah berfokus pada diri pengusaha itu sendiri. Kenapa demikian? Faktor
penggerak utama dari bisnis adalah pengusahanya sendiri, jika kualitas seorang
pengusaha tidak ditingkatkan, bisa jadi usahanya akan tetap berada pada di
titik yang sama bahkan dapat mengalami penurunan hingga dapat berakibat gulung
tikar. Untuk menjadi pengusaha yang memiliki kepribadian yang unggul, bukan
sesuatu yang bisa didapatkan saat lahir ataupun secara instan, melainkan harus
dibentuk, dievaluasi dan memerlukan perbaikan terus-menerus. Banyak hal yang
menjadi poin penting pembentukan menjadi pribadi yang lebih unggul dari seorang
pengusaha.
Open minded person
Menjadi seorang pengusaha dituntut
untuk selalu berpikir terbuka. Karena kita berada di lingkungan yang pluralis,
dan dinamis. Bersosialiasilah dengan lingkungan baru, update mengenai tren-tren
baru di dunia usaha. Jadikan sebuah perubahan di luar bukan sebagai ancaman,
tapi sebagai teman yang dapat diandalkan untuk berjalan maju ke depan.
Positive person
Menjadi
orang yang berpikir positif juga sangat diperlukan dalam dunia bisnis. Karena
dengan begitu, langkah yang diambil akan terasa ringandan hambatan yang
menghadang juga akan terasa ringan.
• Sikap pantang menyerah sebelum
mencapai tujuan
Hal ini juga sangat perlu diterapkan
agar memaksa diri kita juga sebagai orang bermental pemenang, yang akan
berjuang terus sebelum tujuannya tercapai.
• Tegas terhadap diri sendiri
Tegas terhadap diri sendiri
berkaitan dengan kesungguhan kita terhadap komitmen kita sendiri dalam
membesarkan usaha bisnis kita.
• Manajemen waktu yang baik
Dengan memiliki manajemen waktu yang
baik, dan kita berkomitmen untuk mematuhinya, diharapkan akan membuat kualitas
diri dan kualitas hidup kita akan semakin bagus pula. Hubungan dengan
lingkungan sekitar juga akan semakin baik, dukungan akan kita peroleh dengan
sendirinya yang pada akhirnya akan mempengaruhi kinerja kita menjadi semakin
positif tanpa kita sadari secara langsung. Karena itu meruapakan hasil dari
proses yang berkesinambungan dan berkelanjutan.
Berikut adalah Trik Jitu Untuk Terus
Bersing Dalam Bisnis Yang Semakin Kompetitif
1. Amati
Pasar Dan Kenali Pesaing
Dalam menghadapi persaingan,
terlebih dahulu lihatlah potensi pasar yang ada serta cari tau siapa pesaing
yang kompeten saat ini, sehingga anda tidak salah dalam menentukan strategi.
Dengan mengetahui siapa pesaing anda, secara tidak langsung anda dapat
menentukan bagaimana cara menghadapinya dengan menyusun beberapa strategi demi
kepuasan konsumen.
2.
Ciptakan Produk Yang Berbeda
Dengan menciptakan produk yang unik
dan belum ada dipasaran, maka produk anda memiliki nilai lebih di mata
konsumen. Produk yang unik dan berbeda memiliki cirri khas tertentu dan daya
tarik tersendiri bagi para konsumen, sehingga mereka lebih mengenali produk
anda dan memilih produk tersebut dibandingkan produk lainnya yang ada
dipasaran.
3.
Tonjolkan Keunggulan Produk Anda
Anda Fokuskan diri untuk lebih
menonjolkan keunggulan produk anda, misalnya dengan cara mempertahankan
kualitas produk atau layanan prima yang selama ini anda tawarkan kepada konsumen,
sehingga loyalitas konsumen terhadap produk anda akan semakin meningkat.
4.
Tingkatkan Kualitas Produk
Kualitas produk Anda sangat
mempengaruhi minat para pembeli. Karenanya pastikan produk Anda memiliki
kualitas terbaik. Hal ini sangat penting mengingat dengan memberikan produk
yang berkualitas, besar kemungkinan bagi produk Anda untuk jadi pilihan utama
para pembeli. Jika perlu kualitas produk Anda harus melebihi kualitas produk
pesaing, sehingga nantinya pembeli akan memprioritaskan produk Anda
dibanding produk pesaing.
5.
Pelajari Kelebihan Dan Kelemahan Pesaing
Dengan cara ini anda bisa mengetahui
kelebihan apa yang dimiliki pesaing anda dan memanfa’atkan kelemahan pesaing
sebagai peluang untuk memenangkan pasar. Ciptakan produk yang tidak diciptakan
pesaing anda atau berikan layanan yang tidak disediakan oleh pesaing anda, maka
peluang anda untuk memenangkan pasar semakin terbuka.
6.
Menawarkan Harga Yang Bersaing
Masalah penentuan harga produk
bisnis Anda ternyata bisa membantu Anda untuk menghadapi persaingan bisnis
secara sehat. Harga produk bisa menjadi penentu mengenai berhasil atau tidaknya
Anda memenangkan persaingan. Karenanya usahakan agar Anda tidak mematok harga
jual produk yang terlalu tinggi. Berikan harga sewajarnya. Bahkan jika
kemungkinan, tawarkan produk dengan harga yang lebih rendah dari harga jual
yang ditawarkan pesaing. Dengan begitu pelanggan akan tertarik untuk membeli
produk Anda. Memasang harga produk yang lebih rendah dari harga yang ditawarkan
pesaing memang dapat membantu Anda menghadapi persaingan bisnis secara
sehat.
Memberikan harga yang bersaing bukan
berarti anda harus menurunkan harga dan memperbesar kerugian usaha anda
melainkan memberikan keuntungan tersendiri untuk usaha Anda, misal dengan
memberikan diskon-diskon tertentu sesuai dengan pasaran yang ada dan
disesuaikan dengan produk anda. Namun jangan sampai melupakan perhitungan
keuntungan. Masalah penentuan harga produk memang merupakan keputusan mutlk
Anda sebagai pemilik bisnis. Namun sebelum memutuskan harga, lakukan beberapa
pertimbngan agar Anda nantinya tidak merugi.
7. Buatlah
event untuk mempromosikan produk Anda
Cara ini sering digunakan para
pelaku usaha karena minat konsumen untuk berburu barang-barang diskon masih
sangat tinggi. Adapun tujuannya adalah tak lain adalah memberikan keuntungan
tersendiri bagi usaha dalam meningkatkan penjualan dan berlomba memberikan
kepuasan terhadap konsumen.
Dalam bisnis anda harus jeli melihat
perkembangan bisnis terutama yang berhubungan langsung dengan pelanggan. Hal
paling penting, jangan kecewakan pelanggan. Jika kebetulan bisnis Anda
mengalami penurunan, hal pertama yang berlu diselidiki adalah konsumen. Apakah
konsumen sudah tidak puas dengan produk yang Anda tawarkan? Apakah kompetitor
berhasil menemukan cara lebih baik?
8. Inovasi
Layanan
Inovasi produk ternyata juga perlu
diimbangi dengan inovasi layanan sebagai salah satu cara untuk menghadapi
persaingan bisnis secara sehat. Inovasi layanan yang dimaksud adalah dengan
menigkatkan pelayanan Anda terhadap pembeli. Pastikan untuk selalu memberikan
pelayanan terbaik pada setiap pembeli yang datang. Dengan pelayanan yang baik,
maka pembeli tentu akan betah berbelanja di tempat Anda. Jika sudah demikian,
pelanggan biasnya akan menceritakan pengalamannya berbelanja di tempat Anda
pada orang lain. Hal ini tentu bisa membuat meningkatkan penjualan Anda
nantinya.
9. Jangan
Terpengaruh Dengan Pesaing
Seringkali dalam menjalankan bisnis,
kita justru malah fokus apa yang dilakukan oleh pesing. Terlebih ketika produk
pesaing ternyata lebih diminati dari produk bisni kita. Hal ini perlu dihindari
karena bisa mempengruhi bisnis Anda. Jika Anda terlalu fokus pada apa yang
pesaing lakukan, maka Anda tentu akan kehilangan banyak kesempatan untuk
melakukan hal lain. Karenanya jangan sampai fokus Anda teralihkan. Kendati akan
lebih baik jika Anda tidak terlalu fokus pada pesaing, Anda tetap disarankan
untuk belajar dari mereka. Pelajari bagaimana cara pesaing dalam menjaga
kualitas produknya dan cara mereka melayani pelanggan yang datang.
10.
Lakukan Evaluasi
Ketika bisnis mulai terhambat oleh
adanya pesaing, segeralah lakukan evaluasi. Laukan penilaian tentang apa yang
sudah Anda lakukan untuk bisnis yang dijalankan. Misalnya apakah penjualan
tetap berjalan dengan baik saat muncul pesaing? Atau apakah produk Anda masih
diminati pelanggan? Lakukan evaluasi secara rutin untuk mendapatkan solusi
menurunnya penjualan produk Anda. Jadi jangan menyerah begitu saja pada
pesaing. Lakukan sesuatu agar produk Anda bisa tetap jadi prioritas pembeli
sehingga penjualan bisa meningkat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar