Senin, 17 Desember 2018

Hindari Kesalahan Berikut Ketika Merekrut Karyawan | Konsultan Toko Bangunan


KONSULTAN TOKO BANGUNAN

UNGGUL, +62 813-9864-6177, Kesalahan Ketika Merekrut Karyawan

Karyawan Adalah, Merekrut Karyawan, Merekrut Karyawan Yang Baik, Cara Merekrut Karyawan, Konsultan Bisnis Jakarta Pusat, Konsultan Bisnis Jakarta Selatan, Konsultan Bisnis Jakarta Timur. 

 

KESALAHAN KETIKA MEREKRUT KARYAWAN - Secara umum yang dimaksud dengan karyawan adalah orang yang bekerja di suatu perusahaan atau lembaga dan di gaji dengan uang. Atau karyawan dapat diartikan juga sebagai orang yang bertugas sebagai pekerja pada suatu perusahaan atau lembaga untuk melakukan operasional tempat kerjanya dengan balas jasa berupa uang.

Karyawan tentunya bertugas sesuai yang telah di tentukan oleh pimpinan atau atasannya. Umumnya karyawan bekerja tinggal melaksanakan tugas-tugas yang sudah di instruksikan saja, atau terkadang bisa juga mengekspresikan kreatifitasnya sesuai yang memberi instruksi saat bekerja.Mengelola sebuah bisnis, baik yang baru maupun yang sedang berkembang tentunya tidak bisa Anda kerjakan sendiri. Langkah yang tepat untuk membantu Anda dalam menjalankan bisnis adalah dengan merekrut karyawan.

Berikut ini yang harus diperhatikan : 

1.Ketahui Apa yang Dibutuhkan
Penting bagi Anda sebagai pemilik bisnis mengetahui apa yang Anda butuhkan sebelum merekrut karyawan. Misalnya, apakah Anda membutuhkan pekerja full-time atau part-time? Departemen apa yang sedang dibutuhkan, apakah marketing, akuntan atau kasir? Adakah keahlian tertentu yang dibutuhkan? Anda juga harus membuat daftar pekerjaan apa saja yang akan dilakukan oleh calon karyawan Anda nantinya. Anda tentunya tidak ingin merekrut karyawan yang tidak sesuai dengan kualifikasi yang Anda harapkan, bukan? Hal ini tentunya tidak hanya akan membuang waktu Anda begitu juga calon karyawan, tetapi juga biaya yang dikeluarkan.

2.Hitung Anggaran Dana
Mengatur anggaran dana merupakan hal penting yang Anda harus perhatikan. Jangan sampai anggaran yang dimiliki tidak sesuai dan mencukupi untuk merekrut karyawan full-time. Mengapa hal ini penting? Karena karyawan full-time memiliki beberapa hal yang Anda harus penuhi sebagai perekrut, misalnya saja asuransi, Tunjangan Hari Raya (THR) dan keuntungan lainnya yang mana berasal dari Anda.

Jika anggaran dana belum mencukupi untuk merekrut karyawan full-time, Anda bisa memilih untuk merekrut karyawan intern apabila pekerjaan yang dilakukan adalah pekerjaan yang mudah, tidak membutuhkan keahlian khusus dan pengalaman kerja. Pekerja lepas atau freelancer juga bisa menjadi pilihan Anda jika pekerjaan yang Anda tawarkan berbasis proyek dan Anda bisa membayar sesuai yang dibutuhkan dan proyek yang dijalankan.
 Baca Juga : Unsur-Unsur Manajemen
3.Jangan Menunggu Terlalu Lama
Jangan menunda-nunda merekrut karyawan ketika Anda membutuhkannya hanya karena Anda berpikir bahwa Anda masih bisa menangani semua pekerjaan. Jika Anda merekrut di saat keadaan mendesak, Anda tidak akan memiliki banyak waktu mencari kandidat yang sesuai dengan kualifikasi yang Anda inginkan. Tidak hanya itu, Anda juga tidak memiliki waktu untuk melatih karyawan baru.

4.Hindari Merekrut Keluarga atau Teman
Anda tentunya memiliki kehidupan sosial yang tinggi sehingga Anda memiliki hubungan yang dekat dengan keluarga dan teman Anda. Akan tetapi, jangan jadikan hal tersebut pertimbangan untuk merekrut mereka sebagai karyawan karena hal ini akan mempengaruhi hubungan Anda nantinya. Anda masih bisa mempertimbangkan untuk merekrut keluarga atau teman, jika mereka benar-benar bisa diandalkan dan memiliki kemampuan yang mumpuni juga sesuai. Pastikan juga Anda dan calon karyawan dapat memisahkan urusan pribadi dan juga pekerjaan.
5.Tidak Memeriksa Referensi Pekerjaan
Anda merasa bahwa kandidat yang diwawancarai memiliki kualifikasi dan keahlian yang sesuai dengan yang diinginkan sehingga Anda tidak memeriksa lagi referensi kandidat dan langsung merekrutnya menjadi karyawan. Beberapa lama kemudian Anda menemukan bahwa karyawan tersebut melakukan kecurangan dan telah dipecat dari beberapa perusahaan tempat ia dipekerjakan sebelumnya.

Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jenis Kamar Hotel dari Fasilitas Hingga Fungsinya, Penting bagi Pelancong | Konsultan Bisnis Dan Manajemen

KONSULTAN BISNIS DAN MANAJEMEN EXPERT, +62 813 - 9864 – 6177, Jenis Kamar Hotel dari Fasilitas Hingga Fungsinya, Penting bagi Pelancon...