KONSULTAN TOKO BANGUNAN
TERNAMA, +62 813-9864-6177, MANFAAT SOSIAL MEDIA UNTUK BISNIS
Sosial Media Online, Sosial Media Adalah, Sosial Media Definisi, Apa Manfaat Sosial Media, Manfaat Sosial Media Bagi Bisnis, Manfaat Sosial Media Untuk Bisnis, Konsultan Bisnis, Konsultan Bisnis 2018,Konsultan Bisnis Bandung, Konsultan Bisnis Bogor, Konsultan Bisnis Sukabumi.
MANFAAT SOSIAL MEDIA UNTUK BISNIS - Media sosial adalah sebuah media daring, dengan para penggunanya
bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog,
jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Sosial media sekarang telah
memiliki peran penting dalam strategi pemasaran bagi bisnis kecil maupun besar.
Kini berbagi informasi kepada pengunjung atau follower bukan satu-satunya
keuntungan menggunakan sosial media bagi sebuah bisnis. Banyak orang di seluruh
dunia telah menemukan cara bagaimana sosial media dapat memberikan kontribusi
kesuksesan dan perkembangan pada segala aspek.
Berikut adalah 10
manfaat media sosial bagi bisnis:
1.Dapat Mencari Tahu
Lebih Banyak Mengenai Pelanggan
Salah
satu kunci sukses bagi seluruh bisnis dengan mengenal pelanggannya lebih dekat.
Sosial media membuat proses pengenalan ini menjadi lebih mudah dibandingkan
dengan sebelumnya. Dengan perangkat pendukung yang ada, kini anda bisa
mengetahui dengan terperinci mengenai siapa saja konsumen anda, bahasa yang
mereka gunakan, rentang usia, bahkan jenis kelamin dari sosial media Informasi
ini dapat membantu proses branding dan promosi kepada target konsumen yang
tepat.
2.Membantu Pencarian
Target Konsumen Lebih Efektif
Sosial
media seperti Facebook dan Twitter memiliki perangkat pendukung yang membantu
Anda untuk menyajikan informasi yang sesuai bagi konsumen. Contohnya jika ingin
melakukan promosi melalui instagram, postingan foto Anda bisa dilengkapi dengan
fitur location atau #hashtag. Manfaatkan fitur location Instagram untuk
memasarkan bisnis Anda dengan lebih tertarget. Dengan demikian, audiens yang
ingin mengunjungi lokasi wisata tersebut bisa tertarik dan memiliki kemungkinan
untuk menjadi konsumen.
Baca juga : Cara Menstabilkan Jumlah Stock Barang Di Gudang
3.Membantu Menemukan
Konsumen Baru dan Memperluas Target Pasar
Sosial
media seperti Instagram membantu bisnis kecil untuk menemukan konsumen dan mencari
konsumen yang potensial. Jika ingin mencari konsumen dengan lokasi yang
berdekatan dengan anda, pencarian berdasarkan lokasi terdekat bisa dilakukan
dengan Instagram. Selanjutnya anda akan menemukan calon konsumen yang bisa
dihubungi sehubungan dengan promosi bisnis anda. Anda bisa menggunakan fitur
location agar mudah ditemukan calon konsumen yang dekat dengan lokasi bisnis
anda.
4.Memudahkan dalam
Memberikan Feedback Secara Langsung
Sosial
media untuk bisnis memberikan akses kepada feedback positif maupun negatif dari
konsumen, yang merupakan informasi berharga dari sudut pandang konsumen.
Sebagai contoh, jika meluncurkan produk baru dan di bagikan melalui sosial
media, maka secara instan bisa langsung mengetahui pendapat konsumen. Cara lain
untuk mengetahui perspektif konsumen adalah dengan mempelajari bagaimana cara
mereka menggunakan produk Anda. Dengan begini respon konsumen terhadap aspek
apapun pada bisnis anda bisa terlihat dengan jelas.
5.Mengembangkan Target
Pasar dan Selangkah Lebih Maju dari Kompetitor
Dengan
sosial media bisa mendapatkan informasi penting dari kompetitor, yang kemudian
dapat meningkatkan strategi pemasaran. Dengan cara ini, bisa menganalisa teknik
apa saja yang digunakan oleh kompetitor dan melakukan hal yang lebih baik dari
yang mereka lakukan. Selain itu juga bisa menggunakan sosial media untuk teknik
pemasaran yang sedikit nakal, yaitu untuk melihat kelebihan & kekurangan
kompetitor.
6.Membantu Meningkatkan
Pengunjung Website dan Ranking Search Engine
Salah
satu keuntungan terbesar dari sosial media bagi bisnis adalah meningkatkan
jumlah pengunjung website. Namun tidak hanya kunjungan yang bisa Anda dapatkan.
Apabila informasi yang mereka temukan pada website Anda bermanfaat, mereka akan
melakukan ‘share’ di sosial media. Meskipun tidak signifikan tetapi media
sosial juga bisa meningkatkan ranking website dengan memberikan sinyal positif
kepada search engine.
Baca juga : Cara Bersaing Yang Sehat Dalam Berbisnis
7.Bagikan Informasi
Lebih Cepat dengan Sosial Media
Sebelumnya
proses pemasaran mengalami kendala untuk menyajikan informasi kepada konsumen
dalam waktu yang singkat. Kini dengan adanya sosial media, penyampaian
informasi kepada konsumen menjadi lebih mudah dan cepat. Saat menggunakan
sosial media untuk bisnis, khususnya untuk membagikan informasi mengenai bisnis,
cukup klik tombol ‘share’ pada setiap sosial media yang digunakan. Pastikan
bahwa informasi yang dibagikan sesuai dengan minat target konsumen.
8.Membantu Konsumen
Menjangkau Bisnis
Sosial
media mampu menjangkau siapapun yang menggunakannya, terlepas apakah itu calon
konsumen ataupun bisnis lain yang juga membutuhkan jasa atau produk bisnis.
Konsumen dapat memanfaatkan sosial media dalam melakukan pencarian produk atau
jasa yang dibutuhkan. Kini pengguna smartphone semakin meningkat bersamaan juga
dengan akses ke sosial media, alasannya sederhana yakni karena lebih praktis.
Begitu pula dengan pencarian produk atau brand, kini konsumen selalu berusaha
mencari informasi sebuah brand di sosial media. Hal ini biasanya dilakukan
sebelum memutuskan untuk membeli atau menggunakan suatu produk.
Konsumen
melakukan hal ini untuk mencari tahu reputasi brand Anda di sosial media,
seperti berapa banyak follower, seperti apa komentar konsumen lain, informasi
produk terbaru dan hal lainnya. Selain untuk melihat reputasi, konsumen juga
menggunakan sosial media untuk mengukur seberapa terpercayanya brand Anda.
9.Lebih Dekat dengan
Konsumen Melalui Sosial Media
Sosial
media merupakan sarana yang sesuai untuk menciptakan hubungan dengan konsumen.
Contohnya, sosial media membantu bisnis agen perjalanan wisata untuk
berkomunikasi dengan wisatawan. Hubungan dengan konsumen dibangun sebelum, pada
saat, dan setelah konsumen menggunakan jasa mereka. ‘Sebelum’ adalah pada saat
calon wisatawan melakukan riset mengenai lokasi wisata/jasa di sosial media.
‘Pada saat’ adalah ketika wisatawan berada di lokasi wisata dan ‘setelah’
adalah ketika wisatawan selesai berwisata dan memosting konten mereka pada saat
liburan. Komunikasi semacam ini sangat memungkinkan dilakukan melalui sosial
media saat ini dibandingkan hanya melalui pemasaran konvensional.
10.Meningkatkan Brand
Awareness dan Promosi dengan Biaya yang Minim
Sosial
media membantu bisnis untuk meningkatkan brand awareness dengan biaya yang bisa
dibilang hampir tidak ada. Biaya yang sangat diperlukan untuk hal ini adalah
waktu. Pasalnya membangun brand dengan sosial media setidaknya membutuhkan
tenaga, proses dan waktu yang tidak singkat. Meskipun tanpa biaya, yang
dimaksud disini adalah ketika benar-benar melakukan promosi di sosial media
tanpa menggunakan iklan. Hal ini sangat mungkin dilakukan dan hasilnya bisa
jauh lebih baik daripada mengandalkan iklan.
Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala
jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket,
Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik :
Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik
Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran,
Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop,
Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis
Industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar