KONSULTAN TOKO BANGUNAN
TERNAMA, +62 813-9864-6177, APA ITU STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR ?
Standar Operasional Prosedur Adalah, Bisnis Jakarta 2018, Konsultan Bisnis Jakarta, Bisnis di Jakarta, Konsultan Manajemen Jakarta, Manajemen Bisnis Jakarta, Konsultan Manajemen di Jakarta, Konsultan Bisnis Depok.
Standar
Operasional Prosedur - Setiap perusahaan bagaimanapun
bentuk dan apapun jenisnya, pasti membutuhkan sebuah panduan untuk menjalankan
tugas dan fungsi setiap elemen atau unit perusahaan. Standar Operasional
Prosedur (SOP) adalah sistem yang disusun untuk memudahkan, merapikan, dan
menertibkan pekerjaan tersebut. Di bawah ini akan kita bahas tentang
pengertian, manfaat, cara pembuatan, dan contoh dari SOP.
Manfaat
SOP
Menurut penjelasan menteri pendayagunaan
aparatur negara (Permenpan No.PER/21/M-PAN/11/2008), manfaat SOP secara
umum bagi organisasi adalah:
1. Sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai
dalam menyelesaikan pekerjaan khusus, mengurangi kesalahan dan kelalaian.
2. SOP membantu staf menjadi lebih mandiri dan tidak
tergantung pada intervensi manajemen, sehingga akan mengurangi keterlibatan
pimpinan dalam pelaksanaan proses sehari-hari.
baca juga : trik menghadapi pergantian tren pasar
3. Meningkatkan akuntabilitas dengan
mendokumentasikan tanggung jawab khusus dalam melaksanakan tugas.
4. Menciptakan ukuran standar kinerja yang akan
memberikan pegawai. cara konkret untuk memperbaiki kinerja serta membantu
mengevaluasi usaha yang telah dilakukan.
5. Menciptakan bahan-bahan training yang dapat
membantu pegawai baru untuk cepat melakukan tugasnya.
6. Menunjukkan kinerja bahwa organisasi efisien dan
dikelola dengan baik.
7. Menyediakan pedoman bagi setiap pegawai di unit
pelayanan dalam melaksanakan pemberian pelayanan sehari-hari.
8. Menghindari tumpang tindih pelaksanaan tugas
pemberian pelayanan.
9. Membantu penelusuran terhadap kesalahan-kesalahan
prosedural dalam memberikan pelayanan. Menjamin proses pelayanan tetap berjalan
dalam berbagai situasi.
baca juga : konsep dasar membangun bisnis
Cara
Membuat SOP
Dalam PERMENPAN PER/21/M-PAN/11/2008 disebutkan
bahwa pembuatan SOP harus memenuhi prinsip-prinsip antara lain adalah kemudahan
dan kejelasan, efisiensi dan efektivitas, keterukuran, keselarasan,
berorientasi kepada pengguna, dinamis, kepatuhan terhadap hukum, dan kepastian
hukum. Adapun cara-cara yang bisa digunakan untuk membuat SOP tanpa terlepas
dari anjuran PERMENPAN adalah:
1. Membuat Susunan Kerja
Mintalah pada seluruh manajer atau kepala bagian
dalam perusahaan Anda agar berbicara dengan bawahannya untuk menentukan hal-hal
apa yang harus dibahas dalam SOP.
2. Merencanakan Alur Proses
Dengan cara menentukan format, menyetujui format dan
membuat template, menetapkan alur proses, menentukan bagaimana SOP tersebut
akan diakses.
3. Lakukan Wawancara
Melakukan wawancara terhadap karyawan untuk
mengetahui apa saja aktivitas harian mereka dalam pekerjaan dan bagaimana
mereka bekerja.
4. Tulis, Bahas & Sosialisasikan
Setelah melakukan wawancara dan memeriksa dokumen
tata laksana kerja, maka perusahaan mulai bisa menulis SOP, membahas kembali
dengan pihak-pihak terkait dan melihat apakah masih ada kesenjangan peraturan
antara pihak pegawai dan perusahaan. Apabila sudah ada kesepakatan maka sudah
bisa mulai disosialisasikan.
5. Adakan Pelatihan
Setelah disepakati dan disosialisasikan, maka perlu
diadakan pelatihan agar SOP bisa berjalan dengan baik dan benar sesuai apa yang
diharapkan.
6. Evaluasi
Setidaknya dalam jangka waktu setahun sekali, pihak
perusahaan harus mengadakan evaluasi terhadap relevansi berjalannya SOP. Apakah
ada hal yang harus ditambah atau dihilangkan.
baca juga : cara membagikan brosur agar penjualan meningkat
Prosedur
Kerja
1. Pekerja masuk dari Hari Senin Hingga Jumat.
2. Pukul 9:00 semua pekerja sudah harus sampai di
kantor.
3. Pukul 12.00-13.00 semua pekerja diperbolehkan
untuk istirahat, dan pada Hari Jumat, pekerja diperbolehkan istirahat hingga
pukul 13.30.
4. Pukul 18.00, pekerja diperbolehkan pulang, dan
bagi yang pekerjaannya belum selesai diperbolehkan untuk lembur.
5. Lembur di atas pukul 19.00 akan dibayar sesuai
peraturan perusahaan.
Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala
jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket,
Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik :
Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik
Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel,
Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design,
Barber Shop, Dll.
>>> Start
Up : Segala Jenis Industri.
Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com
BalasHapusKeunggulan dari smsqq adalah
*Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
*Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
*Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
*Bonus Setiap Hari Dibagikan
*Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
*Bonus referral 10% + 10%
*Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
*Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )
Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66
Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com