KONSULTAN TOKO BANGUNAN
TEPERCAYA, +62 0813-9864-6177, Tahapan Untuk Membangun Email Marketing
Email Marketing adalah, Email Marketing Indonesia, Fungsi Email Marketing, Contoh Email Marketing Adalah, Konsultan Bisnis, Konsultan Bisnis 2018, Manajemen Bisnis, Sukses Bisnis, Peluang Usaha, Peluang Usaha, Peluang Usaha 2018, Konsultan Bangunan Surabaya, Konsultan Bangunan di Surabaya, Konsultan Bangunan Sidoarjo.
TAHAPAN UNTUK MEMBANGUN EMAIL MARKETING - Email marketing adalah cara yang
paling efektif untuk membangun koneksi dengan calon pelanggan Anda dan
mengarahkan mereka menjadi pelanggan setia Anda. Menurut sebuah penelitian yang
dilakukan oleh Radicati Group, lebih dari 34% orang di seluruh dunia
menggunakan surat elektronik semacam email. Sebuah pesan komersil yang dikirim
kepada pelanggan sehingga mereka akan tahu ada sesuatu yang baru dari produk
atau jasa yang Anda berikan. Pesan singkat ini bisa dikirim secara langsung
pada email pribadi atau berkelompok. Dalam hal ini Anda membutuhkan daftar
email pelanggan lama dan pelanggan baru Anda.
Untuk mencari daftar
email bisa menggunakan layanan subscribe email di blog atau bisa juga
menggunakan jasa email marketing yang sekarang ini sudah banyak di internet.
Selain digunakan untuk memberikan informasi terbaru pemasaran email bisa juga
digunakan untuk menjalin komunikasi antara pelanggan, Jadi bisa kita bilang
kalau email adalah salah sarana komunikasi yang sangat baik dan bahkan untuk
menjalankan dunia marketing sangat direkomendasikan untuk menjalankan bisnis
online.
Berikut langkah-langkah membuat email marketing
efektif:
1.Pilih Platform yang Tepat
Sebelum memulai
mengirimkan email marketing, Anda perlu menentukan platform email marketing
yang paling tepat. Anda tidak bisa mengirimkan email marketing hanya dengan
menggunakan bantuan Gmail atau Yahoo karena jumlah email yang Anda kirimkan
sangat banyak. Terdapat berbagai platform yang bisa Anda gunakan seperti
MailChimp, ConstantContact, OmniSend, BenchMark, dan Zoho Campaign.
2.Grow Your Mailing List
Langkah selanjutnya yang
tidak kalah penting adalah membangun email list. Tentu Anda memerlukan alamat
email calon konsumen dan konsumen potensial agar dapat mengirimkan email
marketing.
Hal ini merupakan
tantangan Anda sebagai pemilik bisnis untuk meyakinkan calon konsumen agar
bersedia memberikan alamat email mereka. Beberapa cara yang dapat Anda terapkan
untuk memperoleh alamat email konsumen adalah sebagai berikut :
a.Berikan Tawaran Eksklusif
dan Diskon Khusus
Anda dapat memberikan
tawaran eksklusif seperti trial 30 hari atau diskon khusus member. Dengan
memberikan insentif yang sepadan dengan informasi berharga yang mereka berikan,
yaitu alamat email.
b.Adakan Undian atau
Kontes
Anda juga bisa
mendapatkan email calon konsumen dengan mengadakan undian atau kontes. Tentu
undian atau kontes yang diadakan harus berhubungan dengan bisnis yang
dijalankan agar Anda mendapatkan email dari calon-calon konsumen potensial.
c.Berikan Konten Gratis
Cara lain yang dapat
diterapkan adalah dengan memberikan konten gratis. Anda dapat memberikan konten
gratis seperti video tutorial, template, ataupun e-book. Niagahoster sendiri
memberikan e-book gratisdengan syarat pengunduh harus mendaftarkan nama dan emailnya
terlebih dahulu.
3.Segmentasi Konsumen
Dari sekian banyak
alamat email yang diperoleh, terdapat berbagai jenis konsumen. Anda perlu
mengelompokkan konsumen-konsumen ini untuk meningkatkan efektivitas email
marketing yang akan dikirimkan. Segmentasi konsumen dapat dibuat berdasarkan
beberapa aspek seperti tipe konsumen, minat, lokasi, atau engagement.
a.Tipe Konsumen
Terdapat empat tipe
konsumen, yaitu konsumen potensial, konsumen baru, konsumen loyal, dan konsumen
tidak aktif. Konsumen potensial adalah yang belum melakukan pembelian,
sedangkan konsumen baru adalah yang baru melakukan pembelian untuk pertama
kali. Konsumen loyal adalah yang melakukan pembelian produk secara reguler,
sedangkan konsumen tidak aktif adalah yang tidak melakukan pembelian dalam
kurun waktu yang cukup lama.
b.Minat Konsumen
Semakin banyak konsumen,
semakin beragam juga minat yang mereka miliki. Apalagi jika Anda mengelola
bisnis online dengan pilihan produk bermacam-macam. Anda perlu memahami minat
konsumen agar dapat membuat email marketing yang lebih personal. Email yang
dikirimkan tentu akan gagal jika Anda salah dalam menganalisis minat konsumen.
c.Lokasi
Segmentasi berdasarkan
lokasi biasanya dilakukan oleh bisnis online yang juga memiliki toko fisik yang
tersebar di berbagai lokasi. Promo dan penawaran khusus di lokasi A mungkin
berbeda dengan promo di toko B. Dengan begitu, Anda dapat membuat email
marketing yang mendorong konsumen untuk membeli di toko fisik dengan kupon
tertentu.
d.Engagement
Ketika Anda mengirimkan
email marketing, terdapat dua kemungkinan, yaitu konsumen membacanya atau
tidak. Segmentasi berdasarkan engagement ini berfungsi untuk menjangkau
konsumen yang tidak membuka email yang Anda kirimkan. Anda bisa menawarkan
kembali diskon khusus atau penawaran spesial untuk tipe konsumen ini. Jika
konsumen tidak segera memberikan tanggapan dalam kurun waktu tertentu, Anda
dapat menghapusnya dari list. Hal ini bertujuan memangkas biaya yang
dikeluarkan untuk mengirimkan email kepada calon konsumen tidak potensial.
4.Buat Konten Menarik
Diperlukan konten yang
bagus dan efektif untuk dapat merubah penerima email marketing menjadi
konsumen. Tentu konten email harus disesuaikan dengan segmentasi konsumen yang
sudah dibuat sebelumnya. Secara umum, terdapat beberapa komponen konten email
marketing yang harus ada, apapun tipe konsumen yang dijangkau.
Komponen-komponen tersebut adalah:
a.Format
Anda harus memastikan
format email yang Anda kirimkan nyaman untuk dilihat di perangkat desktop
maupun mobile, mengingat banyaknya konsumen yang membuka email melalui ponsel
seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.
b.Subject Email
Subject email adalah
komponen yang pertama dibaca oleh konsumen sehingga Anda perlu membuatnya
semenarik mungkin, tetapi tetap sesuai dengan tujuan yang ingin diraih.
c.Badan Email
Anda juga harus membuat
konten email yang singkat dan jelas agar konsumen paham apa yang ditawarkan.
Selain itu, Anda juga perlu menambahkan gambar agar lebih menarik. Jangan
membuat email yang bertele-tele agar email tidak hanya dibuka, tetapi dibaca
juga.
d.Call to Action
Call to Action di konten
email penting agar konsumen tahu apa yang harus dilakukan setelah memahami
penawaran yang diberikan. Supaya konsumen tidak terlalu banyak men-scroll email,
ada baiknya meletakkan CTA di bagian awal email. Selain itu, sebaiknya
menggunakan gambar untuk CTA agar lebih menarik.
5.Memelihara Komunikasi dengan Konsumen
Melalui email marketing,
Anda dapat membangun komunikasi yang lebih personal dengan konsumen. Banyak ide
konten email marketing yang dapat diterapkan agar konsumen tidak bosan dengan
konten yang selalu sama.
6.Evaluasi Email Marketing
Setelah mengirimkan
email marketing kepada konsumen, Anda juga perlu memeriksa dan mengevaluasi
sejauh mana keberhasilan email yang dikirimkan. Hal ini diperlukan sebagai
dasar untuk pengiriman email marketing selanjutnya agar semakin efektif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar