KONSULTAN TOKO BANGUNAN
TERPECAYA, +62 813-9864-6177, FAKTOR - FAKTOR MEMPENGARUHI PEMILIHAN HARGA
Faktor - Faktor Pemilihan Harga, Toko Bangunan Bisnis, Bahan Bangunan Murah, Produk Bahan Bangunan, Faktor Harga, Faktor Harga Bahan Bangunan
FAKTOR -
FAKTOR MEMPENGARUHI PEMILIHAN HARGA - Bagi suatu perusahaan modern yang akan memperkenalkan dan
mendistribusikan produk dari toko bangunan yang baru untuk pertama kali di
pasaran global, harga jual produk merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah
bisnis toko bangunan anda untuk ditetapkan dengan maksimal dan seimbang dengan
kebutuhan para konsumen. Terlepas dari harga jual, kualitas suatu produk juga
merupakan bagian yang sangat penting agar dapat bersaing dengan perusahaan
lainnya berdasarkan siapa yang memiliki kualitas terbaik dalam produk yang
dijualnya.
Harga jual
sendiri merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi para konsumen dalam
keputusannya untuk membeli suatu produk. Para konsumen pasti akan lebih memilih
produk dengan kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau. Oleh sebab itu,
perusahaan harus dapat menentukan harga jual produknya dengan tepat. Jika harga
yang ditentukan terlalu tinggi atau mahal maka konsumen tidak ada yang ingin
membeli. Jika harga yang ditentukan terlalu rendah atau murah maka perusahaan
tidak akan mendapatkan keuntungan dari hasil penjualannya.
Berikut faktor-faktor
yang mempengaruhi harga jual suatu produk yaitu:
1.Target
konsumen
Perusahaan
harus mengetahui tipe-tipe konsumen yang kelak akan menjadi pelanggan
perusahaan itu sendiri. Yang terpenting adalah pembagian konsumen dari ekonomi
kelas menengah ke bawah maupun ke atas. Diusahakan agar harga jual yang
ditetapkan dapat dijangkau oleh konsumen dengan kelas ekonomi menengah ke bawah
dan menengah ke atas agar terjadi keseimbangan. Jika konsumen lebih
mementingkan kualitas produk maka perusahaan dapat lebih meningkatkan kualitas
produknya dengan menetapkan harga yang relatif lebih tinggi sehingga keuntungan
yang diperoleh akan lebih besar. Namun, jika konsumen lebih mementingkan harga
jual produk maka perusahaan dapat memilih kualitas bahan baku produk yang biasa
sehingga harga produksi tidak terlalu mahal namun diproduksi dengan berbagai
variasi yang berbeda, sesuai dengan tren zaman kini. Dengan begitu, harga jual
produk akan relatif lebih murah.
2.Harga
jual produk pesaing
Sebelum
menetapkan harga jual produk, ada baiknya bagi sebuah perusahaan untuk
melakukan riset lapangan terlebih dahulu untuk melihat harga-harga produk yang
ditetapkan oleh pesaing-pesaing yang ada di pasaran. Setelah mengetahui harga
jual rata-rata para pesaing tersebut, penjual bisa menentukan harga jual produk
yang sama dengan para pesaing atau harga jual produk yang lebih tinggi sedikit
namun mengandalkan kualitas bahan baku yang terbaik atau bisa juga harga jual
produk yang lebih rendah sedikit namun dengan kualitas bahan baku yang biasa
dan disertai dengan beragam variasi yang ditampilkan dibanding pesaing-pesaing
lain hingga menarik perhatian konsumen.
3.Biaya
hasil produksi suatu produk
Biaya yang
dikeluarkan oleh perusahaan dari awal pembuatan produk hingga akhir produk tersebut
diperjualbelikan, menjadi bagian terpenting dalam menentukan harga jual suatu
produk. Jangan sampai perusahaan mengalami kerugian atas penetapan harga jual
produknya. Berikut biaya-biaya yang dikeluarkan hingga terciptanya suatu
produk.
4.Biaya
produksi
Merupakan
biaya yang dikeluarkan pada saat produk masih dalam tahap produksi. Biaya
produksi meliputi biaya bahan baku produk, biaya tenaga kerja langsung, dan
sebagainya.
5.Biaya
pemasaran
Merupakan
biaya yang dikeluarkan untuk memasarkan atau mempromosikan produk baru sebuah
perusahaan.
6.Biaya
operasional
Merupakan
biaya yang dikeluarkan untuk membuat bisnis sebuah perusahaan tetap berjalan
seperti biaya gaji karyawan, biaya listrik, biaya pam, biaya telepon, iuran
bulanan, iuran kebersihan, dan lain sebagainya.
7.Biaya
pengiriman
Merupakan
biaya yang dikeluarkan untuk pengiriman produk yang dijual oleh produsen kepada
konsumen. Namun sekarang, kebanyakan dari produsen yang membebankan biaya
pengiriman kepada konsumen. Hal ini dapat dilihat dari transaksi jual beli
online baik melalui web maupun aplikasi belanja.
8.Keuntungan
dari penjualan produk
Selain
faktor-faktor di atas, keuntungan atau laba yang akan didapatkan perusahaan
atas penjualan produknya juga menjadi faktor penting di dalam menentukan harga
jual produk hasil produksi. Perhitungan keuntungan yang akan diperoleh harus
bisa menjadi profit tersendiri bagi perusahaan agar tetap dapat mengembangkan
usaha bisnisnya dengan baik di kemudian hari.
9.Menentukan
berapa pendapatan yang ingin dihasilkan dari produk tersebut
Tetapkan
target pendapatan untuk setiap bulannya. Yang dimaksud dari pendapatan di sini
bukan hanya kembalinya modal, akan tetapi semua pemasukan yang anda peroleh
yang bisa menutup semua biaya yang telah anda keluarkan serta laba atau
keuntungannya.
Tidak
jarang para pengusaha salah mengartikan jika besarnya tingkat penjualan itu
dipengaruhi oleh harga jual produk saja, namun kenyataannya yang menentukan
adalah strategi penjualan yang anda lakukan dan pemilihan konsumen terhadap
produk.
10.Menentukan
prioritas usaha
Dengan
menentukan prioritas usaha, maka anda bisa menentukan besaran harga jual
produk.
Selain itu
anda juga bisa meningkatkan dan memperluas wilayah pemasaran sehingga
keuntungan yang anda dapatkan akan lebih besar dari biasanya.
Namun
sebaiknya harus tetap mempertahankan kualitas produk anda. Jangan ketika usaha
telah meluas tetapi anda ceroboh dalam memperhatikan kualitas produk yang
dihasilkan. Maka resikonya usaha anda akan ditinggal oleh para pelanggan,
karena dianggap tidak lagi bisa dipercaya.
11.Mempertimbangkan
kemampuan konsumen
Dalam
menentukan harga jual produk, sebuah perusahaan tidak semata mata
menetapkannya, akan tetapi mereka perlu melakukan berbagai pertimbangan salah
satunya mengenai kemampuan atau daya beli konsumen.
Semakin
anda tahu keadaan konsumen yang menjadi target pemasaran, maka anda pun juga
akan semakin tahu berapa besaran harga yang bisa anda tetapkan untuk setiap
produknya.
12.Sesuai
dengan target awal
Untuk bisa
menetapkan harga produk hal yang perlu anda pertimbangkan selanjutnya adalah
mengenai target pendapatan yang ingin anda peroleh.
Faktor
faktor lain yang harus anda pertimbangkan adalah mengenai biaya pemasaran dan
biaya promosi.
13.Mengetahui
harga kompetitor
Nah, hal
lain yang perlu anda jadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan harga
produk adalah dengan mengetahui harga produk dari kompetitor anda.
Apakah
harga yang mereka tetapkan sebanding dengan produk anda atau tidak. Maka anda
bisa menjadikannya sebagai patokan dalam menentukan harga jual produk nantinya.
Dan
perhatikan juga apakah produk anda memiliki keunggulan atau tidak jika
dibandingkan dengan produk pesaing yang ada. Maka dengan ini sebaiknya anda
bisa menambahkannya sebagai nilai plus dari produk anda agar dapat memenangkan
persaingan bisnis.
14.Menetapkan
harga produk
Yang tepat
dalamlangkah final adalah memonitor harga tersebut secara terus menerus supaya
bisa diketahui tingkat penjualannya dan anda juga bisa melihat berapa
keuntungan yang diperoleh pada akhirnya.
15.Pelanggan
Tidak bisa
di pungkiri bahwa pelanggan merupakan prioritas anda, jadi pastikan bahwa harga
jual yang anda tetapkan akan dapat di terima oleh pelanggan. Artinya harga
menentukan kualitas, yang berarti bahwa harga menentukan kualitas yang anda
tawarkan kepada target pelanggan anda. Jika anda tidak mempertimbangkan faktor
ini, bisa jadi produk yang di tawarkan tidak akan laku.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar