Rabu, 14 November 2018

8 Tips Mengatur Karyawan Yang Benar | Konsultan Toko Bangunan


KONSULTAN BISNIS MANAJEMEN

KONSULTAN TOKO BANGUNAN

KOMPETEN, +62 0813-9864-6177, Mengelola Karyawan Toko Bangunan, Mengelola Disiplin Karyawan, Mengelola Kinerja Karyawan, Cara Mengatur Libur Karyawan, Mengelola Karyawan Pengantar Bisnis, Strategi Mengatur Karyawan, Mengatur Karyawan Toko.


Mengatur Karyawan Saat Toko Ramai - Mengatur manusia merupakan tugas yang sulit, karena setiap orang punya pikiran, perasaan, keinginan, dan latar belakang yang berbeda-beda. Dalam menjalankan usaha, Anda akan merasakannya sendiri saat Anda berhadapan dengan karyawan Anda yang sering bermasalah dalam pekerjaannya.



Salah satu permasalahan karyawan ialah ketidakdisiplinan. Karyawan yang tidak disiplin bekerja membuat Anda marah karena mereka tidak patuh pada peraturan dan tidak hormat pada Anda sebagai pemimpinnya. Mereka tampaknya sudah tidak giat lagi seperti pada bulan-bulan pertama bekerja.

Beberapa contoh ketidakdisiplinan, yaitu sering datang telat atau tidak masuk kerja dengan berbagai alasan, tidak lagi produktif, mengerjakan hal lain di waktu kerja, sering telat menyelesaikan deadline, dan sering melanggar peraturan kerja lainnya. Jika ketidakdisiplinan tersebut seringkali terjadi, maka tentu dapat berdampak buruk bagi kemajuan bisnis Anda.

Lalu apa yang harus Anda lakukan untuk mengatasi ketidakdisiplinan karyawan? Nah, coba Anda menerapkan beberapa tips berikut ini agar karyawan Anda bisa termotivasi untuk disiplin dalam bekerja.

1. Membuat Peraturan Tertulis
Segala bentuk peraturan perusahaan yang berkaitan dengan karyawan sebaiknya dibuat tertulis. Sehingga setiap karyawan wajib membaca dan melaksanakan. Peraturan tertulis tersebut dijadikan acuan dan dasar dalam pengelolaan karyawan. Artikel lain dalam blog ini yang berjudul cara membuat peraturan perusahaan yang efektif , mengulas lebih dalam terkait peraturan perusahaan. Perkembangan saat ini mengharuskan perusahaan mendokumentasikan segala aktifitasnya termasuk peraturan perusahaan.

2. Berikan Sanksi
Sangat sulit mengatur banyak karyawan. Anda perlu membuat daftar peraturan yang tegas untuk mencegah karyawan yang ingin bekerja sesuka hatinya. Peraturan dapat menjadi peringatan dan panduan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.
Misalnya, buat peraturan denda untuk keterlambatan masuk kerja sebesar Rp 1.000 per menit. Jika 10 menit terlambat, maka dendanya Rp 10.000. Jika satu jam terlambat, maka dendanya Rp 60.000. Hal ini akan membuat karyawan berusaha untuk lebih menghargai waktu dan juga uang mereka.

3. Membuat dan Mengevaluasi KPI Karyawan
KPI karyawan atau kepanjangan dari key performance indeks yang berarti kumpulan ukuran kuantitatif yang digunakan untuk mengukur dan membandingkan kinerja karyawan dalam memenuhi tujuan perusahaan. KPI tersebut dalam sebuah perusahaan biasanya digunakan untuk penentuan evaluasi bonus dan kinerja karyawan. KPI yang benar memiliki kriteria antara lain memiliki target, Orentasi terhadap sebuat Tujuan atau outcame, dan memiliki nilai ambang batas. KPI setiap karyawan satu dengan lainnya pasti akan berbeda tergantung dari urain tugas karyawan tersebut.

4. Proses Rekruitmen yang tepat
Sebelem melakukan pengaturan terhadap karyawan maka proses rekruitmen yang dilakukan harus efektif sehingga menghasilkan karyawan terbaik. Proses rekruitmen di setiap perusahaan dilakukan dengan cara dan aturan yang berbeda – beda. Usahakan untuk selalu bersikap penuh perhitungan dan tidak tergesa – gesa dalam melaksanakan rekruitmen karyawan.   Hasil dari proses perekrutan karyawan pastinya akan menetukan kualitas dari karyawan tersebut, kualitas karyawan yang baik dan sesuai dengan keinginan perusahaan akan lebih mempermudah pengaturan karyawan tersebut

5. Berikan Reward
Jangan Anda mengira bahwa membuat peraturan yang tegas akan selalu efektif membuat karyawan jadi disiplin. Ingat bahwa manusia itu sulit untuk diatur dan peraturan dapat membuat orang jadi tertekan. Maka dari itu, Anda perlu membuat mereka merasa termotivasi untuk menaati peraturan dengan menerapkan reward.
Sekecil apapun hasil positif yang ditunjukkan oleh karyawan, Anda perlu memberikan apreasiasi. Misalnya, Anda memberikan bonus Rp 300.000 untuk karyawan yang tidak pernah datang terlambat selama sebulan, atau memberikan bonus bagi yang berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik dan sesuai target.

6. Jadilah Contoh
Sebagai pemimpin, semua pandangan dan penilaian akan selalu mengarah ke diri Anda. Jika Anda tidak menjadi pemimpin yang baik dan benar, maka karyawan akan kehilangan respek dan menganggap remeh peraturan kerja yang Anda buat. Misalnya, Anda malah sering datang terlambat dan suka tidak menepati janji.
Untuk itu, berusahalah menjadi contoh terlebih dahulu. Lakukan apa yang Anda ucapkan. Jangan melanggar peraturan yang Anda sendiri buat. Tunjukkanlah hal-hal positif sehingga karyawan Anda juga akan mengikuti hal yang positif dari Anda.

7. Ciptakan Lingkungan Kerja yang Nyaman
Karyawan Anda bisa merasa jenuh bekerja. Itu adalah hal yang bisa dimaklumi karena rutinitas dapat membuat seseorang menjadi stres, ditambah lagi banyak beban kerja, serta permasalahan pribadi yang membuatnya lelah. Apalagi suasana kerja juga tidak nyaman sehingga membuat mereka malas bekerja.
Untuk itu, Anda perlu menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan kondusif. Misalnya, dengan mengubah peraturan yang terlalu kaku dan mengekang, lebih ramah saat berkomunikasi dengan karyawan, menambah fasilitas yang dapat mendukung pekerjaan, mempercantik desain kantor, membangun rasa kekeluargaan di antara para karyawan, dan lain-lain. Buat mereka merasa bahwa tempat kerja seperti rumah kedua mereka.

8. Buatlah Suasana Humor
Jangan biarkan suasana tegang memberikan sekat antara Anda dan karyawan Anda. Oleh karena itu, Anda harus memberikan sedikit candaan kepada mereka agar terlihat lebih bersahabat dan juga mencairkan suasana. Ini akan sangat mempengaruhi hubungan Anda dengan karyawan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jenis Kamar Hotel dari Fasilitas Hingga Fungsinya, Penting bagi Pelancong | Konsultan Bisnis Dan Manajemen

KONSULTAN BISNIS DAN MANAJEMEN EXPERT, +62 813 - 9864 – 6177, Jenis Kamar Hotel dari Fasilitas Hingga Fungsinya, Penting bagi Pelancon...