Senin, 19 November 2018

Cara Memperbaiki Pelayanan Toko Bangunan | Konsultan Toko Bangunan


KONSULTAN TOKO BANGUNAN

TERBAIK, +62 0813-9864-6177, MEMPERBAIKI PELAYANAN BISNIS

Pelayanan Bisnis, Memperbaiki Bisnis, Pelayanan Toko Bangunan Terbaik, Pelayanan Toko Bangunan Surabaya, Pelayanan Toko Bangunan Jawa Timur, Pelayanan Toko Bangunan Bandung,Pelayanan Toko Bangunan Sidoarjo, Konsultan Surabaya, Konsultan Jogja, Konsultan Sidoarjo.
 

MEMPERBAIKI  PELAYANAN BISNIS - Bisnis adalah usaha menjual barang atau jasa yang dilakukan oleh perorangan, sekelompok orang atau organisasi kepada konsumen dengan tujuan utamanya adalah memperoleh keuntungan atau laba. Pada dasarnya, kita melakukan bisnis adalah untuk memperoleh laba atau keuntungan. Kualitas pelayanan yang baik akan sangat berpengaruh dalam dunia bisnis. Setiap pelanggan yang datang pastinya akan senang jika mendapat pelayanan yang baik. Dengan kualitas pelayanan yang baik akan tercipta pelanggan loyal yang biasanya akan merekomendasikan bisnis kepada orang lain, sehingga akan tambah lagi para pelanggan-pelanggan baru. Tetapi untuk bisa membuat pelayanan yang bagus dalam bisnis tidaklah mudah. Jika ada satu saja pelanggan yang kecewa dengan pelayanan yang anda diberikan, maka efeknya bisa menjadi besar yaitu membuat stigma negatif bahwa pelayanan dalam bisnis anda jelek kepada orang-orang.
 Gambar terkait
Jadi sebagai pemilik bisnis, anda harus memberikan kualitas pelayanan yang membuat bisnis anda berkembang untuk kedepannya. Kualitas pelayanan adalah elemen kunci pada kesuksesan bisnis. Sayangnya, banyak bisnis berjuang keras untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan mempertahankan pelanggan. Satu saja pengalaman buruk dapat membuat seorang pelanggan meninggalkan bisnis anda selama bertahun-tahun. Tetapi, jangan putus asa! Ada banyak metode untuk meningkatkan kualitas pelayanan bisnis anda, mulai dari tujuan pelayanan yang terdefinisikan dan terukur secara jelas dan memotivasi karyawan, sampai memanfaatkan masukan pelanggan dan memperbaharui peralatan bisnis anda agar dapat melayani pelanggan dengan lebih baik. Apa pun pendekatan yang anda pilih, kini anda tidak perlu bergumul lagi untuk meningkatkan kualitas pelayanan bisnis.

CARA MEMPERBAIKI PELAYANAN DALAM BISNIS
Kualitas pelayanan yang baik akan sangat berpengaruh dan memungkinkan terjadi dalam dunia bisnis. Setiap pelanggan yang datang pastinya akan bahagia jika mendapatkan pelayanan yang baik dari seorang karyawan atau pemilik usaha tersebut. Dengan kualitas pelayanan yang baik dan nyaman akan tercipta pelanggan loyal. Pelanggan akan merekomendasikan bisnis kepada orang lain jika anda memberikan pelayanan yang baik, sehingga akan tambah lagi para pelanggan-pelanggan baru yang sesuai dengan harapan anda.

Untuk bisa membuat pelayanan yang bagus dalam bisnis tidaklah mudah. Jika ada satu saja pelanggan yang kecewa dengan pelayanan yang anda diberikan, maka efeknya bisa menjadi besar yaitu membuat pemikiran negatif bahwa pelayanan dalam bisnis anda jelek kepada orang-orang. Jadi sebagai pemilik bisnis, anda harus memberikan kualitas pelayanan yang baik, hal ini bertujuan untuk membuat bisnis anda berkembang. Berikut cara tepat yang harus anda lakukan :

1. Berikan Pelayanan yang Cepat dan Tanggap
Sebagian besar pelanggan pastinya ingin dilayani dengan cepat dan tanggap. Kebanyakan pelanggan ingin sekali karyawan yang di butuhkan memiliki kinerja yang baik. Tanggap adalah apa yang anda sampaikan harus sesuai dengan yang dimaksudkan oleh pelanggan. Jangan asal cepat tetapi tidak sesuai dengan apa yang dimaksudkan oleh pelanggan. Jika memang terjadi banyak antrian, maka solusinya anda bisa memberikan nomor antrian yang rapi, tempat nyaman dan beberapa hiburan lainnya agar pelanggan tidak bosan saat menunggu antrian.

2.Miliki Call Center
Usaha anda dikatakan berhasil jika mempunyai pelanggan tetap. Pelanggan tetap pada bisnis anda bisa jadi pelangan tersebut membuka bisnis. Agar pelanggan menghubungi bisnis anda terus menerus anda bisa melakukan tukar telepon dengan pelanggan tersebut. Pelanggan yang menghubungi lewat telepon harus diprioritaskan terlebih dahulu, karena pelanggan seperti ini biasanya memiliki urusan yang lebih penting. Jika hanya urusan sepele, pastinya pelanggan akan lebih memilih untuk menghubungi lewat akun social media, sms, atau email. Untuk itu pastikan ada seseorang yang tugasnya untuk mengangkat telepon layanan call center yang bisa diandalkan.

3.Mintalah FeedBack dari Pelanggan
Feedback menurut Wikipedia adalah suatu proses dimana sebagian dari out put (keluaran) di loloh balikan ke bagian input (masukan). Feedback merupakan tanggapan yang diberikan oleh seorang karyawan ketika seorang pelanggan sedang menyampaikan pesannya. Dalam arti singkat, feedback dapat dikatakan sebagai tanggapan atau respon terhadap suatu pesan. Feedback memiliki peran yang penting dalam keberlangsungan sebuah bisnis. Dengan adanya feedback, anda bisa mengetahui sejauh mana pelayanan yang sudah anda berikan kepada pelanggan, apakah sudah baik atau masih ada kekurangan. Mintalah pelanggan memberikan feedback atas pelayanan yang telah diberikan oleh anda.     

4. Melatih Karyawan
Karyawan adalah salah satu aset perusahaan. Sebagai pemilik perusahaan tentu sangat memahami hal tersebut. Tujuan dari pelatihan karyawan adalah menjaga aset dan keberlangsungan perusahaan anda. Pelatihan karyawan berpeluang besar untuk mencetak karyawan seperti yang anda inginkan. Perilaharalah aset perusahaan anda, jangan sampai anda menyesal di akhir karena tidak menginvestasikan waktu dan uang mereka.  Bayangkan jika di perusahaan anda, para karyawan memiliki kinerja yang berbeda – beda, tentu susah membuat perusahaan anda berkembang mencapai target yang diidamkan.
Karyawan yang sudah mengikuti orientasi karyawan baru pun terkadang masih belum tahu cara kerja yang efektif dan efisien. Karyawan lama pun yang telah lama bekerja pada suatu perusahaan bisa jadi kurang profesional daripada karyawan yang baru. Pelatihan – pelatihan yang tepat akan membantu karyawan mengambil keputusan yang baik dan benar didalam ruang lingkup kerjanya.

5. Menepati Janji
Seringkali kita mendengar pepatah janji adalah hutang atau dengan kata lain ketika anda membuat janji dengan pelanggan maka sebisa mungkin harus ditepati. Jika seringkali mengingkari janji akan membuat anda tidak dipercaya oleh pelanggan. Namun apabila tidak bisa menepati janji berusahalah sesegara mungkin untuk meminta maaf dan menjelaskan kepada pelanggan. Hal tersebut bertujuan agar tidak terjadi salah paham. Perlu diingat jangan sampai membuat orang lain menunggu karena bisa saja pelanggan menyempatkan waktu untuk anda, sementara itu anda mengingkarinya begitu saja tanpa memberikan pemberitahuan. Terkadang antara janji besar dan janji kecil tidak terlalu berbeda, tetapi keduanya berpotensi menyebabkan suatu kerugian yang sangat besar. Karena jika anda sampai memberikan janji palsu kepada pelanggan, kepercayaan pelanggan terhadap bisnis akan hilang, sehingga pelanggan akan berpaling mencari bisnis lain yang lebih baik dari bisnis anda.

6.Dengarkan Keluhan Pelanggan
Dalam menjalankan bisnis, keluhan pelanggan akan selalu ada. Namun bila ditangani dengan tepat, hal ini bisa menjatuhkan bisnis anda. Simak baik – baik dan jangan sesekali memotong pembicaraan pelanggan. Disarankan untuk anda apabila pelanggan berbicara dengan nada tinggi atau emosi, anda harus diam dan dengarkan saja. Apabila pelanggan sudah selesai berbicara maka cobalah anda untuk berbicara sesuai dengan kebenaran. Tunjukan rasa perhatian dan empati sehingga pelanggan merasa diperhatikan dan berilah jaminan bahwa keluhanya akan diselesaikan dengan baik.

Terkadang pelanggan merasa tidak diperdulikan karena anda terlalu kaku dalam menanggapi keluhanya. Terapkan pembicaraan dengan gaya santai seperti obrolan sehari – hari untuk menenangkan pelanggan. Ketika anda sudah mendengarkan keluhan dari pelanggan, sesegara mungkin untuk memberikan beberapa alternatif solusi. Adanya keluhan dari pelanggan berarti produk anda buruk. Catat semua masalah untuk dijadikan evaluasi. Komplain dari pelangganlah yang adalah salah satu cara untuk menjalin komunikasi kepada pelangan.

7.Menjaga Kesabaran         
Kesabaran memang ada batasnya, tetapi anda tetap harus menghadapi situasi yang menguras kesabaran anda. Jangan sampai anda terpancing emosi sehingga mengeluarkan kata-kata yang kurang pantas untuk didengar. Hal inilah yang nantinya akan memperburuk keadaan menjadi lebih rumit, sehingga membuat nilai pelayanan menjadi buruk. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan, cobalah hadapi pelanggan dengan pikiran yang jernih, karena dengan pemikiran yang jernih nantinya akan menghasilkan suatu hal yang positif.

Kesabaran bukan berarti anda pasrah dan diam, tetapi selalu mengatur strategi yang tepat dan waktu yang tepat untuk mendapatkan apa yang anda impikan. Sabar adalah kunci untuk melariskan produk kita. Bersabarlah menghadapi pelanggan hal itu merupakan usaha anda dalam mengumpulkan laba. Jika anda selalu sabar dalam berbisnis, maka usaha anda akan berbuah keberkahan dan keuntungan yang di dapatkan akan sesuai dengan yang anda impikan.

8.Mengakui kesalahan
Mengakui kesalahan adalah hal yang paling sulit dilakukan karena menyangkut dengan pembelaan diri sendiri. Banyak yang lebih ementingkan harga diri daripada sebuah kejujuran hati. Banyak orang akan membenarkan diri sendiri dulu dan mencoba mencari alasan untuk mengelak atau mengakui dari kesalahan yang dia buat.

Sesukses apapun bisnis anda pastinya pernah mengalami kesalahan, baik kesalahan besar maupun kecil. Oleh karena itu, anda harus bisa menerima kesalahan tersebut. Jika ada pelanggan yang merasa dirugikan, maka segeralah berikan solusi. Justru dengan mengakui kesalahan dan meminta maaf kepada pelanggan, anda dapat mengembalikan kepercayaan bisnis Anda.

9.Menjaga Kesopanan
Sopan santun adalah hal yang penting untuk dipelajari. Sopan santun adalah suatu aturan atau tata cara yang berkembang secara turun menurun dalam suatu budaya di masyarakat yang bisa bermanfaat dalam pergaulan antar sesama manusia sehingga terjalin suatu hubungan yang akrab, saling pengertian dan saling menghormati.

Pelanggan ibarat seorang raja, maka sudah sepantasnya Anda melayaninya dengan baik. Komunikasi dengan pelanggan harus dilakukan dengan sikap yang sopan agar mereka merasa nyaman dengan pelayanan yang Anda berikan. Kesopanan harus selalu di kedepankan, walaupun yang dihadapi adalah pelanggan yang membuat Anda kesal. Jika perlu adakan training terutama untuk mengajarkan nilai-nilai kesopanan terhadap semua pegawai, terutama yang terlibat langsung dengan pelanggan.

10.Mencari Solusi Tepat
Pelanggan yang melakukan komplain pastinya menginginkan suatu penyelesaian masalah. Komplain yang datang dari pelanggan biasanya datang karena pelanggan merasa ada yang dirugikan atau merasa tidak puas dengan kualitas pelayanan yang anda berikan. Oleh karena itu, anda harus bisa memberikan solusi yang baik kepada pelanggan sehingga kedua belah pihak tidak ada yang dirugikan baik materil maupun non materil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jenis Kamar Hotel dari Fasilitas Hingga Fungsinya, Penting bagi Pelancong | Konsultan Bisnis Dan Manajemen

KONSULTAN BISNIS DAN MANAJEMEN EXPERT, +62 813 - 9864 – 6177, Jenis Kamar Hotel dari Fasilitas Hingga Fungsinya, Penting bagi Pelancon...