KONSULTAN BISNIS MANAJEMEN
KONSULTAN TOKO BANGUNAN
EXPERT, +62 0813-9864-6177, Strategi Pemasaran Sosial Media, Pemasaran Melalui Sosial Media, Pemasaran Melalui Media Sosial, Pemasaran Online Menggunakan Media Sosial, Manfaat Media Sosial Bagi Pemasaran, Pemasaran Produk Melalui Sedia Sosial, Pemanfaatan Media Sosial Untuk Pemasaran Online, Konsultan Toko Bangunan.
Tips
Meningkatkan Pemasaran Melalui Sosial Media - Salah satu
negara berkembang yang memiliki pengguna situs jejaring sosial terbanyak di
dunia adalah Indonesia. Tak dapat dipungkiri bahwa jejaring sosial seperti
facebook, youtube, twitter bahkan aplikasi messenger seperti line, BBM,
whatsapp dan sebagainya bukanlah suatu hal yang tabu di kalangan masyarakat
Indonesia. Maka dari itu tidak heran bahwa jejaring sosial saat ini digunakan
sebagai alternative bagi setiap pemilik bisnis untuk memasarkan produk atau
memperkenalkan bisnisnya.
Jika
Anda berkeinginan untuk melakukan pemasaran dengan memanfaatkan jejaring
sosial, tentunya Anda harus membangun strategi terlebih dahulu. Saat ini sosial
media dijadikan sebagai tool marketing yang efektif untuk membantu strategi
pemasaran pada sebuah bisnis atau perusahaan.
Berikut
strategi pemasaran melalui sosial media yang dapat Anda terapkan untuk menambah
wawasan Anda dalam menyusun strategi untuk pemasaran bisnis Anda :
1. Perkuat Strategi Pemasaran Melalui Konten
Media Sosial
Meliputi
3 tahap penting:
– Partisipasi
Melibatkan
followers di media sosial merupakan hal yang sangat penting. Baik
mereka adalah pimpinan di sebuah industri atau pun pelanggan biasa, konten yang
mereka hasilkan untuk page Anda akan lebih bermakna dan penuh ide-ide
penting daripada yang Anda buat sendiri.
– Antisipasi
Buatlah
konten yang berurutan dalam strategi pemasaran melalui media sosial Anda. Bisa
saja berupa potongan video, atau potongan artikel dan gambar mengenai bisnis
Anda agar menjadi teka-teki dan membuat orang menarik. Konten yang baik adalah
konten yang memunculkan rasa antisipasi apa yang akan muncul berikutnya.
– Koordinasi
Memanfaatkan
media sosial bukan hanya untuk menambah jumlah friends, followers,
atau fans saja. Media sosial memungkinkan Anda untuk melibatkan hubungan yang
saling menguntungkan dengan mereka. Perencanaan konten yang melibatkan mereka
dapat memberikan rasa memiliki yang sangat besar.
2. ‘Share’ Konten
Beberapa Kali
Share posting di blog Anda
beberapa kali akan memberi setidaknya tiga manfaat:
– Memaksimalkan traffic melalui media sosial:
Sharing konten di media sosial lebih dari satu kali dan dengan cara
yang berbeda-beda akan meningkatkan traffic di media sosial Anda.
Jumlah pengunjung di page Anda akan meningkat setiap ada konten baru.
– Mendapatkan pengunjung dari periode berbeda: Posting konten beberapa kali membantu Anda
mendapatkan pengunjung pada periode yang berbeda, misalkan posting pada tahun
sebelumnya, diposting kembali di tahun ini, maka pengunjung baru di
tahun ini akan melihat konten tersebut.
– Follower baru: Jika Anda posting artikel lama, mungkin
beberapa follower baru pertama kali membaca. Walaupun bukan artikel
baru, tapi mereka mungkin mendapatkan nilai yang berarti dari artikel tersebut.
Pertimbangkan menggunakan tools yang tersedia di Twitter untuk
memantau pertumbuhan jumlah follower. Hal ini dapat membantu
mengetahui saat yang tepat untuk posting artikel lama.
3. Tuan Rumah Pada Obrolan Twitter
Percakapan
di Twitter merupakan cara yang bagus untuk membangun hubungan dengan follower
lama dan calon klien yang prospektif melalui berbagai topik. Hal itu juga dapat
meningkatkan pembaca konten Anda dan membuat momen baru dengan berbagi solusi, petunjuk,
dan tips yang bermanfaat. Ada empat tahapan penting membuat obrolan efektif di
Twitter:
– Kumpulkan informasi: Informasi yang dikumpulkan dapat dimanfaatkan untuk
membuat konten baru dan ide-ide yang bagus. Partisipan akan muncul dan membantu
mengidentifikasi apa yang terjadi dalam sebuah industri, dan berbagi wawasan
serta peluang baru untuk membantu bisnis Anda.
– Kembangkan konten: Setelah mendapatkan ide-ide, buatlah konten baru dan share
di media sosial. Anda juga dapat mengidentifikasi masalah dan solusi yang
dibutuhkan dengan panduan artikel atau video.
– Tinjau kembali tujuan konten: Setelah membuat konten, buat kembali agar lebih segar
dan menjaga kelangsungan bisnis Anda. Jika ada konten bernilai yang perlu
sedikit modifikasi, dan sajikan dengan metode baru kepada followers,
dan secara otomatis mereka akan dengan senang hati menerima.
– Review isi konten: Review konten membantu mengidentifikasi
apakah ada atau tidak konten yang berdampak positif ataupun negatif. Hal ini
akan membantu Anda mengetahui betapa berharganya informasi untuk konten.
4. Manfaatkan Share di Facebook
– Dengarkan isu sosial: Buatlah hashtag untuk mengetahui bagaimana
orang-orang terhubung dengan brand, melihat konten, menggunakan brand
Anda setiap hari. Ini adalah cara yang mudah untuk melacak percakapan.
– Tingkatkan konten sosial media untuk berbagi : Pahami bahwa konten yang menarik akan mendorong
pembaca untuk berbagi dengan orang lain.
– Buat target demografis tertentu: Semakin spesifik target, maka merek akan
semakin mudah dikenal. Hal ini akan memungkinkan untuk fokus pada orang-orang
yang benar-benar tertarik pada merek Anda.
– Gunakan langkah atraktif untuk menarik pelanggan: Memiliki konten yang bernilai dan memungkinkan
pembaca berbagi konten tersebut adalah cara yang bagus untuk melibatkan
pelanggan dan menarik pembeli yang potensial. Setelah pelanggan meng’klik’ dan share
konten Anda, maka teman-teman mereka pun akan tertarik untuk meng’klik’ dan
berbagi pada orang lain.
5. Gunakan LinkedIn untuk Mengirim Konten
LinkedIn
adalah konten pemasaran yang sangat kuat. Ini adalah cara yang ampuh untuk
mengirimkan konten pada orang lain. Tetapi sebelumnya, Anda harus kenali
pengunjung, dengan mengetahui:
– Lokasi geografis, terutama jika Anda ingin mengunjungi pengunjung yang
unik
– Apa yang mereka inginkan
– Tentang
keluarga mereka, masyarakat, dan apa peran mereka di tempat kerja
6. Google Autorship Adalah Suatu Keharusan
Google
Autorship bukan sekedar melampirkan foto atau gambar pada konten
dalam mesin pencari Google. Setelah Anda terhubung dengan Google Autorship
melalui Google+, maka akan terhubung antara konten dan penulisnya. Hal ini
memungkinkan Google untuk mengidentifikasi kualitas, dan penulis konten.
Langkah-langkah
tadi tidak diragukan lagi dapat menjadi strategi pemasaran yang baik. Optimalkan media sosial media yang ada untuk meningkatkan penjualan.
Ada baiknya Anda juga membuat business plan,
untuk mengetahui rencana bisnis apa saja yang akan dilakukan. Tampilkan
produk-produk Anda dalam media sosial. Buat pengunjung terkesan hanya dengan
melihat media sosial Anda.
Dengan beberapa penjelasan di atas,
kita bisa mengetahui beberapa keuntungan dengan membuka usaha toko bangunan.
Masih banyak peluang usaha lain yang bisa kita kerjakan selain membuka toko
bangunan. Namun, satu hal yang harus kita pastikan ketika membuka usaha adalah
pengelolaan keuangan yang baik. Dengan pengelolaan uang yang baik, kita akan
terhindar dari penyalahgunaan dan kerugian di masa yang akan datang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar