Senin, 05 November 2018

Tips Memulai Bisnis Toko Bangunan | Toko Bangunan

KONSULTAN BISNIS MANAJEMEN

 

KONSULTAN TOKO BANGUNAN

 

BERPENGALAMAN, +62 0813-9864-6177, Konsultan Toko Bangunan, Tips Mendapatkan Peluang Dari Bisnis Toko Bangunan, Cara Memulai Bisnis Toko Bangunan, Tips Memulai Usaha Toko Bangunan, Bagaimana Cara Memulai Bisnis Toko Bangunan, Cara Terbaik Membuka Bisnis Toko Bangunan Yang Besar.



Tips Memulai Bisnis Toko Bangunan – Seringkali seseorang kesulitan dalam membuka sebuah usaha. Ada banyak alasan yang melatarbelakanginya, seperti ketiadaan modal usaha, tidak adanya ide bisnis yang bagus, ketiadaan pengalaman dalam berbisnis, kurangnya wawasan dalam berbisnis dan lain sebagainya. Anda tidak perlu jauh-jauh, salah satu jenis usaha yang menjanjikan saat ini adalah bisnis toko bangunan. Bisnis Toko Bangunan sudah lama dikenal memberikan untung yang besar. Untuk anda yang berminat menjalankan usaha toko bangunan jangan berkecil hati karena banyak saingan, karena usaha ini banyak konsumennya, dan pastinya akan terus bertambah setiap harinya. 



A. Persiapan Bisnis

Memulai sebuah bisnis bukan merupakan soal yang mudah, terlebih lagi bisnis yang memerlukan modal besar seperti bisnis bahan bangunan. Namun, meskipun disebut sebagai bisnis yang tidak mudah dan membutuhkan modal besar, bisnis bahan bangunan dapat dikategorikan bisnis yang memiliki prospek bagus kedepannya karena kebutuhan masyarakat akan bisnis tersebut tidak mengenal musim. Di bawah ini hal-hal yang harus dipersiapkan dalam memulai binis toko bangunan :


1. Mencari produsen atau pemasok barang perlengkapan bangunan yang berkualitas dan tidak mudah rusak.

2. Mengikuti tren perlengkapan bangunan yang sedang digemari.

3. Mencari tenaga kerja yang mau bekerja keras dan rajin.


B. Strategi Bisnis

Menjual bahan bangunan adalah bisnis yang sangat prospektif dan menjanjikan keuntungan yang cukup besar. Sukses dan tidaknya menjual bahan bangunan sangat tergantung dari tepat dan tidaknya menerapkan strategi dalam pemasaran, berikut ini adalah strategi pemasaran yang dapat memicu besarnya omset dalam bisnis menjual bahan bangunan.
Beberapa strategi marketing yang tepat yaitu:  Memiliki tenaga marketing yang handal, Format toko bangunan seperti mall, Melakukan promosi melalui internet, Bekerjasama dengan banyak proyek, Menjual bahan bangunan dengan harga kompetitif bukan hanya murah, Membuat system pembelian seperti menabung, dan Pelayanan pesan antar cepat (Delivery).

C. Hambatan Bisnis

Tak semudah membalikkan telapak tangan, seluruh bisnis pasti mempunyai hambatan. Berikut ini hambatan yang akan dialami saat berbisnis toko bangunan :


1. Modal yang dibutuhkan tidak sedikit.

2. Persaingan dengan  bisnis sejenis yang lokasinya berdekatan.

3. Flutasi harga, baik harga jual maupun harga beli karena keadaan ekonomi.


D. Tips Sukses
 
Adapun tips untuk mengatasi segala masalah yang akan dihadapi, sebagai berikut :


1. Lokasi penjualan harus strategis

Faktor yang harus di perhatikan sebelum memulai usaha toko bangunan salah satunya adalah lokasi harus yang strategis, kemudahan akses untuk para calon konsumen harus di perhatikan. Pilih tempat yang banyak dilalui atau di pinggir jalan utama, atau bisa juga di pusat-pusat sentra bahan bangunan. Keuntungan membuka toko di sentra seperti ini adalah biasanya konsumen membeludak dikarenakan pertimbangan pembeli yang menginginkan barang yang akan dibelinya tersedia semua, jika tidak tersedia di salah satu toko, mereka tinggal ke toko sebelahnya.

 

2. Perhatikan kebutuhan pasar

Kebutuhan pasar pada waktu atau periode tertentu bisa saja mengalami perubahan. Seperti jika musim penghujan, maka akan datang banyak perminatan pasar akan genting, pipa dan cat penutup bocor. Namun jika musim panas, maka bahan bangunan tadi akan menurun dan beralih pada bahan bangunan lain seperti cat, semen, pasir, batu bata, serta besi dan lainnya karena banyak orang memanfaatkan momen ini untuk membangun rumah dan bangunan lainnya. Maka dari itu, sebagai pembisnis, Anda harus mampu mengamati kondisi dan kebutuhan pasar setiap waktu.



3. Memberikan pelayanan yang baik dan bersikap ramah kepada pelanggan

Anda dapat mendapatkan untung besar yaitu dengan memberikan pelayanan yang ramah dan memuaskan konsumen. Jangan terlalu membeda-bedakan konsumen yang datang ke toko anda. Meskipun mereka yang datang hanya sekedar melihat-lihat dan bertanya saja, Anda juga harus melayani dengan baik dan sepenuh hati. Dengan pelayanan yang baik ini, konsumen akan puas dan tak akan kapok untuk terus belanja bahan bangunan ke toko anda. 





4. Sediakan produk berkualitas

Jangan hanya ingin mengeruk keuntungan besar yang sesaat, Anda lantas menjual produk yang berkualias rendah dan menjualnya dengan harga mahal. Bisnis yang dijalankan dengan konsep yang demikian biasanya tidak akan bertahan lama dan cepat gulung tikar. Maka dari itu untuk menjamin bisnis bahan bangunan anda bertahan lama, anda tidak boleh ragu untuk menghadirkan produk-produk yang baik dan berkualitas. Memang akan ada produk yang memiliki kualitas yang kurang, namun dalam bisnis ini anda harus jujur dan tidak boleh menipu konsumen.



5. Jadilah supplier ke proyek didaerah anda

Agar usaha toko bangunan anda cepat berkembang, pertimbangkan juga untuk menjadi supplier ke proyek-proyek, sekarang semakin banyak dibangun perumahan hunian, atau bisa juga ke proyek jalan raya misalnya. Anda bisa datang ke bagian terkait untuk menawarkan barang yang di perlukan proyek tersebut, misalnya seperti semen, besi behl, pipa paralon dan masih banyak lagi. Biasanya proyek juga memerlukan supplier-supplier yang dekat dengan daerah proyeknya untuk kemudahan. Tapi harus di perhatikan cara pembayarannya, karena umumnya cara pembayaran yang di pakai adalah sistem tempo, bisa berminggu-minggu hingga bulanan, karena barang yang di pesan biasanya banyak.


E. Keuntungan Bisnis Toko Bangunan

Banyak sekali peluang dan keuntungan yang kita dapat dalam bisnis toko bangunan. Apa saja itu?. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa kita dapat dengan berbisnis toko bangunan:


1. Kebutuhan akan selalu ada

Perumahan maupun gedung tempat tinggal merupakan tempat tinggal merupakan kebutuhan manusia yang akan selalu ada dari waktu ke waktu. Adanya kenyataan ini membuat bisnis took bangunan akan selalu dibutuhkan.



2. Barang tidak mengalami penyusutan

Ini merupakan salah satu keuntungan dari bisnis took bangunan yang bias dipertimbangkan, karena tidak adanya masa kadaluarsa berarti tidak ada beban penyusutan



3.  Laba yang didapat sangat besar

Meskipun bahan bangunan bukan kebutuhan pokok sehari-hari  yang memiliki kemungkinan untuk selalu dibeli tiap hari, tapi membuka toko bangunan tetap menjadi satu hal yang patut dipertimbangkan karena harga jual produknya memiliki margin yang sangat tinggi. Dengan adanya margin yang tinggi ini, seorang pengusaha toko bangunan memiliki kemungkinan untuk tetap bisa bertahan dan memperbesar usahanya meskipun bahan bangunan bukan kebutuhan sehari-hari dan membutuhkan modal yang besar di awal usaha.



4. Tidak Memiliki Banyak Pesaing

Karena modal yang dibutuhkan cukup besar, maka tidak semua orang terpikir untuk membuka toko bangunan. Ini salah satu hal sangat menguntungkan. Dengan sedikitnya jumlah pesaing, maka semakin kecil persaingan usaha yang terjadi. Dilihat dari sisi bisnis, hal ini akan membuka peluang usaha toko bangunan untuk bertahan lebih lama daripada usaha lainnya yang cenderung memiliki banyak pesaing dan mudah diduplikasi atau di tiru.



5. Berpartner untuk Mendapatkan Modal

Karena barang yang dijual dalam toko bangunan tidak selalu cepat laku, maka biasanya pihak supplier mudah memberikan pinjaman barang sebagai modal apabila toko bangunan yang Anda miliki sudah terkenal dengan reputasi yang baik. Hal ini sangat menguntungkan, mengingat perputaran uang dalam usaha toko tersebut sangat besar. Pinjaman barang sebagai modal akan memperbesar peluang usaha, menambah keuntungan tanpa harus menambah beban modal usaha.



Dengan beberapa penjelasan di atas, kita bisa mengetahui beberapa keuntungan dengan membuka usaha toko bangunan. Masih banyak peluang usaha lain yang bisa kita kerjakan selain membuka toko bangunan. Namun, satu hal yang harus kita pastikan ketika membuka usaha adalah pengelolaan keuangan yang baik. Dengan pengelolaan uang yang baik, kita akan terhindar dari penyalahgunaan dan kerugian di masa yang akan datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jenis Kamar Hotel dari Fasilitas Hingga Fungsinya, Penting bagi Pelancong | Konsultan Bisnis Dan Manajemen

KONSULTAN BISNIS DAN MANAJEMEN EXPERT, +62 813 - 9864 – 6177, Jenis Kamar Hotel dari Fasilitas Hingga Fungsinya, Penting bagi Pelancon...